Metode Ampuh Meraih Sukses dalam Belajar

 
Belajar adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengetahui apa yang belum diketahui sebelumnya. Melalui proses ini seseorang akan memiliki apa yang dia belum miliki. Salah satu metode dalam belajar yaitu membaca.

Membaca merupakan salah satu metode untuk belajar. Dengan membaca orang bisa mendapatkan banyak informasi. Selain membaca masih ada metode lain yaitu menyimak, berbicara dan menulis. Ketiga metode ini juga berperan dalam menyerap informasi, mengungkapkannya dalam kata-kata lain pada orang lain dan menulisnya sehingga kita bisa bertukar ilmu dengan orang lain. Hal inilah yang membedakan pengetahuan seseorang dengan pengetahuan orang lain.

Tujuan utama seseorang belajar adalah untuk bisa meraih sukses dimasa depannya. Sukses itu tentu saja tidak bisa diraih dengan mudah, intinya diperlukan pengorbanan untuk meraih sukses, salah satunya yaitu dengan cara belajar. Namun untuk masalah belajarpun mempunyai kesulitan yang tidak jauh beda adalah malas dan bosan hal yang paling pertama harus dihadapi. Oleh karena itu mari kita simak tulisan ini.

Berapa jamkah waktu yang anda habiskan di sekolah dalam proses pembelajaran? Jawabannya telah pasti yakni delapan jam pelajaran, rata-rata dua jam pelajaran atau 90 menit untuk satu mata pelajaran. Tapi tahukan anda berapa lama orang dapat berkonsentrasi dalam belajar? Tidaklah banyak orang yang tahu tentang jawaban pertanyaan ini. Pada kenyataannya konsentrasi dalam belajar hanya dapat berlangsung 15 sampai 30 menit saja bandingkan dengan waktu yang tersedia dalam satu mata pelajaran, bukankah waktu akan terlewat sia-sia? Tahukah anda bahwa hal ini dikarenakan kemampuan otak manusia untuk fokus pada satu masalah sangat terbatas. Otak sebenarnya hanya bisa fokus pada satu masalah, sehingga jika orang dihadapkan pada dua atau beberapa masalah secara bersamaan maka yang terjadi kondisi kesehatan orang itu bisa turun, stress dan sebagainya. Oleh karena itu otak memerlukan hiburan atau istirahat agar bisa bekerja maksimal kembali. Sayangnya tidak banyak orang mengetahui hal ini sehingga memaksakan untuk belajar tanpa mendapatkan ilmu dan mengetahui akibat buruk dari sebuah paksaan kerja pada otak karena konsentrasi yang tidak maksimal.

Ada beberapa cara agar konsentrasi itu dapat terbentuk kembali yaitu dengan adanya hiburan untuk menyelaraskan kerja otak kiri dan otak kanan. Seperti musik yang dimanfaatkan untuk menemani orang dalam belajar selain menghilangkan rasa stress juga memberikan kesibukan bagi otak kiri sehingga rasa bosan pun hilang dan belajar menjadi semangat. Selain itu perlu juga dorongan dari diri sendiri untuk belajar yang serius dan benar untuk mengejar cita-cita dan menggapai sukses dimasa depannya.

Terkadang peran orang tua menentukan minat anaknya untuk belajar. Dengan adanya motivasi yang diberikan oleh orang tuanya, si anak akan merasa diperhatikan dan efek langsungnya adalah anak itu ingin memberikan kebanggaan bagi orang tuanya dengan cara memperoleh prestasi di bidang akademik ataupun non akademik yang keduanya dapat diraih apabila berusaha dan belajar sungguh-sungguh.

Hilangkan semua masalah yang ada. Ini juga penting, umumnya orang yang mempunyai masalah dengan lingkungan, kerabat atau yang lainnya akan sukar untuk berkonsentrasi. Ini jelas sekali, bahwa kenyataannya otak manusia itu terfokus pada satu masalah yang lebih menarik dan menantang, sehingga bila dihadapkan antara masalah kerabat dan lingkungan dengan belajar otak akan cenderung memikirkan jalan keluar bagi masalah kerabat dibandingkan dengan belajar.

Usahakan suasana belajar itu menurut selera diri sendiri. Dengan dibantu oleh suasana yang mendukung, konsentrasi akan mudah terbentuk sehingga proses belajar akan terasa mudah.

Itulah metode untuk membantu kita belajar dengan benar yaitu dengan adanya konsentrasi yang maksimal sehingga proses belajar yang baik bisa terjadi dan meraih sukses dalam belajar bukan lagi menjadi hal yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Semoga bermanfaat...

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.