Negara dan Wilayah

Negara, ya semua orang pasti tidak aneh dengan kata ini. Karena semua orang yang hidup di dunia ini menempati suatu wilayah, yang kenyataannya wilayah itu merupakan suatu bagian dari daerah kekuasaan negara.


Negara dan Wilayah
Namun jika ditanyakan kepada mereka atau orang yang tidak asing dengan kata negara mengenai asal muasal terbentuk/terjadinya negara? saya yakin tidak semua orang mengetahuinya. Oleh karena itu, saya akan berbagi kepada semua pembaca agar mempunyai pengetahuan hal ini, dan memang harus tahu lho,hehe...

Hmmm... Ya, materi mengenai asal muasal negara berdasarkan sejarah ini saya dapatkan ketika kuliah pada semester satu lalu. Alhamdulillah materi ini masih saya ingat, dan agar tidak lupa saya akan cantumkan di blog ini, agar selain sebagai referensi saya juga mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca semua, amin.

Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya berada di kancah politik, militer, ekonomi, social dan budaya. Dimana kekuasaan itu diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut.


Negara adalah organisasi masyarakat yang mempunyai rakyat dalam suatu wilayah, dengan sejumlah orang yang menerima keberadaan organisasi ini. Syarat lain keberadaan negara adalah adanya suatu wilayah tempat negara itu berada. Hal lainnya adalah apa yang disebut sebagai kedaulatan, yakni bahwa negara diakui oleh warganya sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas diri mereka pada wilayah tempat negara itu berada.

Inilah asal mula terjadinya apa yang disebut negara:
  • Pendudukan (Occupatie)
          Hal ini terjadi ketika suatu wilayah yang tidak bertuan dan belum dikuasai, kemudian diduduki dan        dikuasai.Misalnya, Liberia yang diduduki budak-budak Negro yang dimerdekakan tahun 1847.

  • Peleburan (Fusi)
         Hal ini terjadi ketika negara-negara kecil yang mendiami suatu wilayah mengadakan perjanjian untuk saling melebur atau bersatu menjadi Negara yang baru.Misalnya terbentuknya Federasi Jerman tahun 1871.

  • Penyerahan (Cessie)
        Hal ini terjadi Ketika suatu Wilayah diserahkan kepada negara lain berdasarkan suatu perjanjian tertentu.Misalnya,Wilayah sleeswiik pada Perang Dunia 1 diserahkan oleh Austria kepada Prusia,(Jerman).

  • Penaikan (Accesie)
         Hal ini terjadi ketika suatu wilayah terbentuk akibat penaikan lumpur sungai atau dari dasar (Delta laut). Kemudian di wilayah tersebut dihuni oleh sekelompok orang sehingga terbentuklah Negara. Misalnya, wilayah negara Mesir yang terbentuk dari lDelta Sungai Nil.

  • Pengumuman (Proklamasi)
        Hal ini terjadi karena suatu daerah yang pernah menjadi daerah jajahan ditinggalkan begitu saja. Sehingga penduduk daerah tersebut bisa mengumumkan kemerdekaannya. Contahnya, Indonesia yang pernah di tinggalkan Jepang karena pada saat itu jepang dibom oleh Amerika di daerah Hiroshima dan Nagasaki.

Itulah yang saya ketahui dari asal mula terbentuknya suatu negara. Terima kasih atas kerjasamanya ^_^
Negara dan Wilayah

1 comments:

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.