Air Suci Untuk Thaharah

Air Suci Untuk Thaharah - Secara umum Thaharah artinya bersuci. Menurut syara’ thaharah diartikan suci dari hadas dan najis.

Suci dari hadas yaitu dengan cara melaksanakan wudhu, mandi dan tayamum. Dan suci dari najis yaitu menghilangkan najis yang ada di badan, tempat dan pakaian.

* Macam-Macam Air

Air yang dapat dipakai untuk bersuci adalah air yang bersih (suci dan mensucikan) yaitu air yang turun dari langit atau yang keluar dari bumi yang belum pernah dipakai untuk bersuci.
1. Air hujan                     5. Air salju
2. Air sumur                    6. Air telaga
3. Air laut                       7. Air embun.
4. Air sungai
· Pembagian Air


Apabila ditinjau dari segi hukumnya maka air dibagi dalam empat bagian:

1. Air suci dan mensucikan. Yang dimaksud dengan air suci dan mensucikan ialah air yang masih murni dan dapat digunakan untuk bersuci dengan tidak makruh atau disebut juga air mutlak yang artinya air yang sewajarnya. Contoh dari air ini adalah air yang di sebutkan di atas yaitu ada tujuh.

2. Air suci dan dapat mensucikan, tetapi makruh untuk digunakan bersuci. Apa itu air suci mensucikan tapimakruh? Ya inilah air musyammas yaitu air yang dipanaskan dengan matahari ditempat logam yang bukan emas. Namun jika wadah atau tempat yang digunakan terbuat dari logam mulia yaitu emas maka air tetap menjadi suci dan mensucikan dan tidak makruh digunakan bersuci.

3. Air suci tapi tidak dapat mensucikan. Yaitu air musta’mal, air yang telah digunakan untuk bersuci menghilangkan hadas atau menghilangkan najis walaupun air tersebut tidak berubah rupa, rasa dan baunya.

4. Air mutanajis yaitu air yang telah terkena najis atau kena najis, air dalam kondisi yang kurang dari dua kullah, maka status dari air ini tidak suci dan tidak dapat mensucikan. Namun ada ketentuan lain, jika air melebihi dua kullah dan air tidak berubah sifatnya maka air berubah status menjadi sah digunakan untuk bersuci.

Dua kullah sama dengan 216 liter, jika disimpan di bak maka ukurannya yaitu 60 cm2 atau panjang 60 cm, tinggi/dalam 60 cm.

Peringatan!!!
Ada satu macam lagi air yaitu air suci dan mensucikan tetapi haram memakainya. Lho ko haram ya??? Hmmm… jelas hukumnya menjadi haram karena air jenis ini yaitu jenis air dari barang curian atau mengambil tanpa ijin.
Air Suci Untuk Thaharah

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.