Tips Sukses Menjalani Pendidikan di Luar Negri

Tips Sukses Menimba Pendidikan di Luar Negri - Banyak dari kita yang sangat menginginkan untuk menempuh pendidikan di luar negri. Memang terdengar asik untuk bisa bargaul dengan orang dari berbagai kultur dan budaya, namun yang perlu diperhatikan juga adalah besaran biaya untuk itu semua. Kita bisa saja mengurus semua administrasi maupun keperluan sendiri namun itu akan memakan waktu dan tenaga, alangkah baiknya kita cari konsultan pendidikan luar negri yang sudah terkenal sehingga memudahkan tugas kita.

Ada banyak sekali konsultasi pendidikan luar negri di Jakarta, namun salah satu yang menarik perhatian adalah ICAN Education Consultant. Konsultan pendidikan ini mengkhususkan pendidikan di Singapura, Malaysia, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Selandia Baru dan Swiss, dimana negara-negara tersebut merupakan tujuan favorit para pelajar Indonesia yang ingin menempuh studi di luar negri.

Nah, sudah tau dimana berkonsultasi, sudah tahu biayanya, sekarang tipsnya nih bagaimana supaya bisa sukses studi di luar negri, banyak juga loh yang kena culture shock begitu sampai dan malah homesick dan pengen pulang aja bawaannya.


Mencari teman
Sangat penting untuk mencari teman, mungkin pada awalnya anda pasti akan mencari teman sebangsa untuk bisa membantu anda beradaptasi dengan lingkungan baru, namun sangat disarankan untuk TIDAK terlalu banyak bergaul dengan rekan senegara, kenapa? Salah satu tujuan anda studi ke luar negri kan untuk belajar bahasanya negara tersebut, kalau teman anda rekan senegara semua, anda tentunya akan lebih banyak bicara bahasa Indonesia juga kan?

Tempat tinggal
Usahakan untuk mencari tempat tinggal yang dekat dengan kampus anda. Biasanya universitas di luar negri menyediakan dormitory untuk para pelajarnya, mungkin untuk awal anda bisa menggunakannya, namun seiring waktu berjalan, anda bisa mencari tempat di luar kampus supaya tidak terlalu bosan, nah untuk mencari tempat tinggal di luar kampus juga jangan terlalu jauh, supaya mengirit ongkos serta waktu perjalanan anda menuju kampus.

Kultur dan Budaya
Pelajari dulu kultur dan budaya dari negara yang akan anda tuju. Ini sangat penting supaya anda bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan maupun kultur serta budaya negara tujuan.

Dokumen dan finansial
Sangat penting juga untuk mengetahui biaya hidup dinegara yang akan anda tuju. Supaya anda bisa memprediksi berapa jumlah uang yang anda butuhkan dalam waktu sebulan. Juga patut diperhatikan dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke negara tersebut (biasanya VISA pelajar).

Tingkah laku
Anda sopan kami segan, itulah peribahasa yang cocok untuk diterapkan jika anda berada di luar negri, ingat anda sebatang kara, tidak ada keluarga untuk mensupport anda, jadi kesopanan disini sangat berperan penting untuk memudahkan segala tindak dan tanduk anda.

Semoga tips diatas bisa sedikit membantu anda dalam menjalani studi di luar negri dengan sukses.

Sumber : kompasiana.com dan Redaksi

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.