Beberapa Cabang Ilmu Dalam Satu Ayat Al-Qur’an


Kawan pernahkan kalian membaca postingan terdahulu Yassin: Siang dan Malam? Postingan itu merupakan salah satu ayat yang membahas mengenai Perubahan siang dan malam yakni ayat yang membahas mengenai alam. Nah, kali ini Belajar, Bukan Main-Main akan membahas secara singkat mengenai keberadaan ilmu-ilmu alam yang dibahas dalam Al-Qur’an. Hmmm… bila di lihat ternyata banyak sekali ilmu alam dan cabangnya di bahas dalam Al-Qur’an.

Saya katakan banyak itu dalam bentuk ayat Al-Qur’an lho, belumlah kalo diberikan penjelasannya. Kayaknya Blog ini tidak akan kehabisan materi untuk dibahas bersama kawan sekalian. Langsung saja deh kita mulai materinya. 

Mari kita lihat Firman Allah Swt dalam Surah Al-Baqarah: 164

untuk memperjelas klik huruf arab

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Jika diperhatikan dengan jeli dan teliti maka apa pendapat kawan-kawan mengenai ayat ini? Nah, kalo menurut saya ayat ini menerangkan dengan jelas beberapa cabang-cabang ilmu dalam ilmu pengetahuan modern. Waaaahhh…. Apa aja ya, jadi penasaran soalnya saya ini penggemar ilmu pengetahuan modern, walau bukunya pada tebel-tebel tapi asik membacanya, gambar-gambarnya… waduhhhh…. INDAH!!!
Ternyata ada lima cabang ilmu yang dibahas di ayat di atas:

1. Ilmu Falak (Astronomi), “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang.”

2. Ilmu Kelautan, ”Bahtera yang berlayar di laut.”

3. Ilmu Pertanian (Agronomi), “Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya.”

4. Ilmu Hewan (Zoologi), ” Dan dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan.”

5. Ilmu Tinjauan Cuaca (Meteorologi), “Dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan.”

Nah, itulah kelima cabang ilmu itu. Namun jangan dulu puas dengan ini, karena ini merupakan satu contoh dari banyak contoh kandungan ayat Al-Qur’an yang membahas mengenai ilmu pengetahuan. 


Untuk selengkapnya update terus Belajar, Bukan Main-Main dimanapun kawan sekalian berada. Semoga bermanfaat. Akhirnya kepada Allah Swt lah semua akan kembali.

1 comments:

  1. waduh masalah komputer tidak ada donk...

    padahal tiap hari megang komputer terus...

    bagaimana dengan ilmu perdagangan ??

    BalasHapus

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.