Ilmu Pendidikan Keindahan


Maaf postingan kali ini telat, kedodoran 3 hari,hihihi... ada acara di kampusnya mungkin sampai hari sabtu, namun dalam waktu itu saya sudah mempersiapkan satu bacaan yang nyatanya mengenai hal yang akan di bahas ini. Sebelumnya telah di sebutkan bahwa dalam Al-Quran terdapat ayat-ayat yang membahas mengenai Shalat, Ayat kauniyah dan dalam artikel bersambung yang membahas kehidupan, sekarang saya akan membahas mengenai Keindahan dalam Al-Quran. Nah, yuk langsung saja kita bahas bersama-sama. Oh ya.. Jangan lupa saran dan kritinya sampaikan untuk kenyamanan dan peningkatan kualitas blog ini. Terima kasih ^_^

Menurut kawan-kawan, apa yang dimaksud dengan keindahan? hayoooo... siapa yang tau? kalo menurut saya keindahan dapat difinisikan sebagai perasaan cinta, gerakan hati dalam kesadaran, gerakan perasaan dalam pemberian, gerakan otak dalam pikirannya dan banyak sebagainya.

Rasulullah pernah bersabda dalam salah satu hadisnya: "Sesungguhnya Allah Swt itu indah dan mencintai keindahan." 

Dari hadis di atas dapat dijelaskan bahwa rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk mempercantik dan menghias diri dengan penampilan dan tingkah laku keindahan, yang bertitik kepada keindahan Allah Swt sebagai landasan untuk menginggikan naluri. Seperti halnya Pendidikan Keindahan Modern yang juga sama yaitu dengan berdasarkan kepada perasaan kemanusiaan untuk mencapai ketinggian moral dan tingkah laku.

Dapat kita rasakan bahwa sesuatu hal yang indah itu dapat merubah suasana hati yakni memberikan ketenangan dan kedamaian kepada jiwa manusia. Juga dapat membangkitkan daya khayal dan impian yang dapat menjadikan titik untuk menggapai kesuksesan dalam hidup yaitu dengan berusaha meraih impiannya.

Seseorang dapat mengerti dan merasakan keindahan sesuatu karena sesuatu itu mampu menggugah rahasia dirinya dan dia dapat menemukan sesuatu yang dapat berkomunikasi secara timbal balik dengan tuntutan hatinya dan dapat menyambut pantulan-pantulan yang terjadi di dalam jiwanya. Oleh karena itu, seseorang melakukan sesuatu untuk memperbaharui potensi yang dimilikinya, berpenampilan yang variatif dan keseimbangan yang menyeluruh.

Mencintai keindahan merupakan ibadah kepada Allah. Islam menganjurkan agar berpenampilan indah dan mulia. Bahkan berhias diri dan merawat keindahan merupakan salah satu adab dan sopan santun dalam melaksanakan shalat, sesuai firman Allah Swt.:

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di Setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."

Islam menanamkan perasaan keindahan di dalam jiwa setip muslim sehingga perhiasan di pandang sebagai sesuatu kebutuhan dan tuntutan. bahkan islam mengecam siapa saja yang menyimpang dari tuntutan ini dengan kecaman yang keras seperti dalam firman Allah Swt:


"Katakanlah: "Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezki yang baik?" Katakanlah: "Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat" Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui."


Nah mungkin itu yang dapat saya bagikan pengetahuan pada materi ini. Untuk selengkapnya update terus Belajar, Bukan Main-Main dimanapun kawan sekalian berada. Semoga bermanfaat. Akhirnya kepada Allah Swt lah semua akan kembali. 

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.