Islam Agama Yang Sempurna



Kawan, ayo sekarang pikirkan dan renungkan akan kebenaran akan Islam. Ya, benar Islam ajaran agama paling sempurna di dunia untuk manusia, khususnya kaum muslim, seperti dalam firman Allah Swt:


“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”


Pada Ayat dan kata yang di beri warna biru, inilah kalimat yang mempertegas akan kesempurnaan agama yang diturunkan untuk umat akhir jaman melalui Rasulnya Nabi Muhammad Saw. Jadi Banggalah menjadi kaum muslim yang benar-benar berpegang kepada ajaran yang benar, sempurna dan tidak mungkin salah.

Islam memiliki landasan atau bisa disebut Rukun Islam dan Rukun Iman dalam menjalankan dan meningkatkan ketakwaan dan keimanannya kepada Allah Swt. Juga dalam landasan Hukum sebagai aturan-aturan dan tuntunan kehidupan manusia di bumi, yakni Al-quran dan As-sunnah.

Rukun Islam
a. Shahadat, ialah ucapan dua kalimat tauhid sebagai syarat sahnya agama islam yang hanya mengakui satu Tuhan yaitu Allah Swt dan Muhammad Saw adalah Rasulnya.

b. Shalat, Ibadah wajib bagi umat islam yang dilaksanakan 5 waktu, yaitu Isya, Subuh, Dzuhur, Ashar dan Maghrib, Total raka’atnya ada 17 raka’at dalam seharinya. Penjelasan lebih rinci bagaimana melaksanakan shalat sedang dirintis pelan-pelan, terus update Tsani-Oke khususnya label Bab Shalat.

c. Zakat, zakat terbagi menjadi berbagai macam dan semuanya wajib dilaksanakan jika telah menyentuh batas pelaksanaan zakat. Adapun zakat yang paling popular adalah zakat fitrah yang dilaksanakan di bulan ramadhan sampai sebelum shalat id fitri dilaksanakan. Zakat lainnya Zakat Mal dan sebagainya.

d. Puasa, yakni menahan segala sesuatu yang berhubungan dengan hawa dan nafsu serta tidak makan dan minum mulai dari munculnya benang putih di timur (daerah terbit matahari) pada subuh sampai malam yang banyak diartikan sebagai sempurnanya matahari terbenam yakni waktu maghrib.

e. Melaksanakan Ibadah Haji (jika mampu melaksanakannya), Ibadah yang menyempurnakan Rukun Islam dalam ajaran islam ini dilakukan hanya pada bulan Djulhijjah lebih tepatnya 10 Djulhijjah, Ibadah haji ini hanya bisa dilakukan di kota Makkah, Saudi Arabia. Ibadah haji ini hukumnya wajib bagi yang telah mampu melaksanakannya. Semoga seluruh umat muslim dapat bergantian melaksanakan ibadah ini di Baitullah, Amin.

Rukun Iman
a. Iman kepada Allah Swt
b. Iman kepada Malaikat Allah
c. Iman kepada Kitab-Kitab Allah
d. Iman kepada Rasul Allah
e. Iman Kepada Hari Akhir
f. Iman Kepada Qada dan Qadar

Al-Qur’an adalah firman Allah Swt sebagai tuntunan, petunjuk, hukum dan banyak fungsi lainnya yang dimukzijatkan kepada Nabi Muhammad Saw (nabi terakhir) melalui perantara malaikat jibril yang diturunkan berangsur-angsur. Jumlahnya yakni 30 juz, 114 surat dan 6666 ayat,

As-sunnah atau lebih dikenal sebagai hadis adalah seluruh ucapan, perbuatan yang dicontohkan oleh nabi Muhammad Saw yang berfungsi sebagai penjelas Al-qur’an sekaligus hukum kedua setelah hukum Al-qur’an. Hadis dapat berisi hukum dan juga petunjuk pelaksanaan ibadah yang benar sesuai sunnah rasul.


Semoga bacaan kecil yang singkat ini dapat bermanfaat bagi kawan sekalian, akhirnya kepada Allah Swt lah semua kembali. Update terus bersama Belajar, Bukan Main-Main bersama Tsani-Oke.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.