Air Komponen Kehidupan Paling Vital


Tidak sedikit manusia yang tidak sadar akan perlunya air, kebanyakan dari manusia selalu menyampingkan makna dari air itu sendiri. Terlebih dari kita malah sering membuang air itu dengan percuma. Walaupun dalam suatu penjelasan diterangkan bahwa air itu merupakan hal yang dapat diperbaharui namun tetap saja kita harus bisa menjaga kebersihannya dari tercemar limbah.

Sekali lagi disebutkan bahwa air merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Bukan hanya untuk kebutuhan kehidupan seperti minum, memasak, mencuci, dan sebagainnya, namun ternyata air itu merupakan unsur paling mendasar bagi seluruh makhluk hidup komponen paling besar yang ada di tubuh manusia yang kenyataannya lebih dari 70% tubuh manusia adalah air.

Mari kita simak bersama penjelasan lebih lanjut mengenai air ini.

Firman Allah Swt dalam surat Al-Anbiyaa ayat 30:


"Dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka Mengapakah mereka tiada juga beriman?"

Seperti yang telah tadi disebutkan bahwa air merupakan unsur mendasar bagi seluruh makhluk hidup. Air juga merupakan komponen terpenting bagi sel-sel tubuh. Jika kita tinjau dari ilmu kimia, maka dapat diketahui bahwa air itu merupakan zak yang menentukan setiap reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Peranan air itu sangat penting yakni sebagai medium reaksi, zat yang terjadi ketika reaksi dan hasil dari reaksinya. Intinya dalam setiap kegiatan reaksi tubuh, air selalu menjadi pemeran utamanya.

Saya kutip dari sebuah artikel yang berjudul khawathir Ilmiah Baina Ad-Diin Wa Al-Iim, bahwa air adalah unsur yang mutlak diperlukan oleh semua makhluk hidup. Tidak peduli pada jenis ataupun ukurannya. Mulai dari makluk paling kecil hingga makhluk paling besar, mulai dari mikroba yang berukuran mikropis hingga gajah dan ikan paus dua makhluk hidup terbesar di darat dan di laut. Tanpa air yang Allah Swt berikan, tidak akan ada burung-burung, binatang melata, dan tiram yang bersemayam di dasar lautan.

Fungsi vital lainnya dari air yaitu menjaga keseimbangan temperatur tubuh, pembentukan sel-sel tubuh, sel-sel darah, dan banyak fungsi lainnya.

Yang perlu diketahui lainnya adalah bahwa manusia tidak akan pernah bisa bertahan hidup tanpa adanya air. Sel-sel tubuh manusia tidak akan dapat berfungsi, bertahan hidup dan tidak pula dapat berkembang dengan baik tanpa ada air. Jika tubuh manusia kekurangan air maka kita dapat merasakan rasa haus dan kita akan mencari air untuk dapat minum.

Hal dalam memerlukan air pun terjadi pada tumbuh-tumbuhan. Firman Allah Swt dalam surat Al-Hajj ayat 5 dan Al-Fushilat ayat 39.


"Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), Maka (ketahuilah) Sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya Dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. dan kamu Lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah."


" Dan di antara tanda-tanda-Nya ialah bahwa kau Lihat bumi kering dan gersang, Maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan yang menghidupkannya, pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Tumbuhan pada kenyataannya menyerap air untuk kelangsungan hidupnya. Dapat kawan-kawan perhatikan perbedaan tanaman yang tersiram air dan yang tidak tersiram, tentu kawan dapat menyimpulkan sendiri perbedaannya.
Nah, satu lagi yang memperkuat mengenai kebutuhan air adalah sangat vital yakni ketika Allah menciptakan nabi Adam A.S, di dalam Al-Quran dijelaskan firman Allah Swt pada surat Al-Mu'minuun ayat 12:



"Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati berasal dari tanah."

Jika kita lihat fisik dari tanah liat maka saya dan kawan-kawan akan sependapat yakni tanah liat merupakan campuran tanah dan air sehingga dapat kita simpulkan bahwa setiapmakhluk hidup tidak akan pernah terlepas dari adanya air.

Mungkin itulah yang dapat saya paparkan mengenai Air Komponen Kehidupan Paling Vital semoga bermanfaat. Ikuti selalu Belajar, Bukan Main-Main untuk mencari dan menambah wawasan kawan-kawan dimanapun berada. Akhirnya kepada Allah Swt lah semuanya kembali. 

Berikan saran dan komentar anda untuk kemajuan blog ini, terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.