Mengenal yang Terjadi Ketika Wanita Haid


Banyak sekali yang sering laki-laki keluhkan terhadap wanita pada saat wanita itu mengalami menstruasi. Padahal hal itu lah yang menjadikan cirri dari wanita. Tidak seharusnya seorang laki-laki mengeluh akan fenomena yang terjadi itu. Bagaimanapun juga wanita merupakan kebutuhan bagi laki-laki oleh karena itu jangan pernah mengeluh, yang harus dilakukan adalah mengenal apa yang terjadi pada mereka.

Pada saat berlangsungnya pendarahan haid, seorang wanita sering merasakan keluhan pada anggota tubuhnya, seperti sakit kepala, mata memerah, demam, suara serak, asma, nafsu makan meningkat, sakit pinggang dan lain halnya. Berikut adalah gejala-gejala yang terjadi di tinjau dari segi medis.

a.       Dysmenorrhea (Rasa Nyeri)

Ketika seorang wanita mengalami nyeri saat haid maka gejala itu disebut sebagai dysmenorrheal. Yakni rasa nyeri yang akan dialami oleh wanita di daerah perut bagian bawah. Rasa nyeri ini dapat dirasakannya ketika sebelum, sedang atau sesudah haid. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh sempitnya cervix, kelelahan, psikogen dan hal lainnya.

b.      Ketegangan Prahaid

Hal ini biasanya muncul secara tiba-tiba dengan gejala awal susah istirahat dan ketegangan ini akan menghebat ketika pikirannya sedangkacau.

c.       Mudah Tersinggung

Hal yang lazim terjadi ketika wanita sedang haid. Cara antisipasinya hanyalah satu hal yakni jangat membuat para wanita itu jengkel ataupun memberikan nasihat yang dapat menenangkan wanita haid.

d.      Rasa Nyeri pada Payudara

Nyeri pada payudara ini biasanya disertai dengan membesarnya payudara dan melunaknya putting payudara. Hal ini termasuk normal karena membesarnya payudara sebenarnya hanyalah merupakan suatu persiapan tubuh akan kemungkinan terjadinya kehamilan jika telah terjadi ovulasi.
 
e.       Menometrorrhagia

Gejala mulanya adalah pendarahan yang terlalu banyak dan biasanya akan disertai dengan pembekuan darah sewaktu menstruasi. Kelainan ini biasanya disebabkan oleh hipoplasia uteri, asthenia, mioma uteri atau juga dapat terjadi karena kelelahan.

Ini adalah pengetahuan yang terjadi pada wanita saat haid dan juga mengenal sifat yang terjadi pada mereka. Pada intinya menstruasi akan terjadi jika rahim tidak dibuahi oleh janin. Ketika rahim terisi janin maka menstruasi itu tidak akan terjadi namun beberapa kejadian pun terjadi bahwa wanita yang telah terbuahi atau hamil muda atau awal-awal hamil mengeluarkan haid.

Mungkin itulah sedikit berbagi pengetahuan akan mengenal hal yang berhubungan dengan menstruasi. Semoga hal ini bermanfaat bagi yang memerlukannya. 

Update selalu Belajar, Bukan Main-Main dimanapun kawan berada. Akhirnya kepada Allah Swt jua lah semuanya kembali. Terima kasih ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.