Sumpah Allah Swt dengan Tempat Beredarnya Bintang



Satu ilmu studi mengenai astronomi yang begitu indah dan penuh dengan teka-teki telah Allah Swt ajarkan kepada umatnya ialah tempat beredarnya bintang-bintang. Setiap malam kita bisa lihat ke angkasa raya begitu indah kita pandang, begitu besar ciptaan-Nya. Sungguh Allah zat Yang Maha Sempurna ciptaannya.

Dalam surat Al-Waaqi’ah ayat 75-76 Allah Swt telah berfirman:



“Maka aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui.”

Dalam ilmu astronomi dijelaskan bahwa Al-Qur’an adalah kitab pertama di dunia yang mengindikasikan pentingnya bintang-bintang sebagai petunjuk yang menunjukan kendaraan-kendaraan di darat dan di laut. Bahkan, studi mengenai beredarnya bintang ini merupakan studi yang paling penting bagi seluruh lembaga riset pendidikan kelautan.

Karena pentingnya hal ini, maka Allah Swt bersumpah untuk menjelaskan sejauh mana urgensinya tempat beredarnya bintang-bintang. Hal ini dapat diperhatikan dari jarak antara bintang-bintang yang sudah tidak dapat digambarkan oleh khayalan manusia. Hal ini dapat dicontohkan oleh satu fenomena bahwa jauhnya bintang yang terdekat dengan galaksi kita yakni beberapa tahun cahaya dari bumi. Sedangkan kecepatan cahaya sama denga 300.000 km per detik.

Dalam beberapa buku diterangkan beberapa bukti ilmiah tentang beredarnya bintang-bintang, seperti halnya bumi yang termasuk tempat yang sangat sesuai dalam penempatannya. Seperti beberapa hal berikut:



·  Apabila letak bumi itu menjauh dari matahari dua kali lipat dari jaraknya yang sekarang, maka panas yang diterima bumi akan berkurang satu perempat dari jumlah saat ini. Sehingga bumi akan mengelilingi matahari dalam waktu yang lebih lama akibatnya seluruh mahkluk hidup di atas bumi akan membeku. 

·  Apabila jarak bumi dengan matahari lebih dekat setengah jari jarak yang saat ini maka panas yang akan diterima bumi akan bertambah empat kali lipat hal ini berakibat pada sangat panasnya permukaan bumi. Air akan menguap sehingga bumi tidak akan memiliki air. Perputaran bumi untuk mengelilingi matahari pun semakin singkat, musim-musim pun akan menghilang dari bumi sehingga selanjutnya adalah tidak mungkin akan adanya kehidupan di bumi.


Studi tentang tempat beredarnya bintang-bintang merupakan studi yang memiliki rahasia sangat mendalam. Sedangkan, para ilmuan belum mampu untuk menelitinya. Seperti kutipan dari seorang astronom, James Jeans, berkata, ”studi tentang letaknya bintang-bintang akan memberikan kita kunci pemandangan terindah yang dilihat oleh mata manusia. Juga memungkinkan untuk kita memandang ke langit yang luas dan menakjubkan. Sehingga, kita memahami arti-arti yang tidak kita pahami.”

Ketika akan datangnya waktu dimana para ilmuan berhasil meneliti bintang-bintang, menentukan letaknya dan menggambarkan petanya, maka saat itulah akan menjadi hari yang bersejarah dalam sejarah umat manusia. Lalu kita pasti akan bertanya-tanya, “Siapakah yang memberi tahu Muhammad mengenai rahasia jarak bintang-bintang dan hakekat letak-letaknya?” Sesungguhnya hal itu adalah wahyu Sang Pencipta Yang Maha Mengetahui.   

Mari kita renungkan bersama akan fenomena yang telah lama Allah Swt siapkan untuk manusia sebagai salah satu ciri kekuasaan-Nya yang tiada batas. Sebuah fenomena yang Allah siapkan untuk manusia agar manusia itu memikirkannya dan menyadari bahwa tiada sesuatupun yang dapat menyukutukannya. Bahwa Allah Swt lah yang menciptakan manusia, bumi dan seluruh isinya termasuk jagat raya yang maha luas ini. 

Update terus Belajar, Bukan Main-Main dimanapun kawan berada. Akhirnya kepada Allah Swt jua lah semuanya kembali. Terima kasih ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.