Jihad Jalan Menuju Surga


Kawan, jika saya bertanya, apakah kawan ingin masuk surga? Tentunya kawan semua akan menjawab, Pasti! Karena saya yakin bahwa tidak ada seorangpun manusia yang tidak mau masuk surga.

Masalahnya bagaimana jalan untuk menggapai surga itu? Bagaimana mungkin manusia dapat masuk surga jika tidak mengetahui jalannya? Adakah dari kawan-kawan tahu jalan ke surga itu? Tentunya ada, jalan itu adalah jihad fisabilillah. Ya, Jihad!

Seperti dalam firman Allah Swt dalam surat Ali-Imran ayat 142:


“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, Padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar.”

Nah, lalu bagaimana mungkin kalian ingin masuk surga, padahal kalian enggan untuk berjihad fisabilillah? Bahkan mendengar kata jihad saja kebanyakan sudah alergi. Memang sungguh sulit jika kata jihad ini telah diselewengkan oleh orang yang membenci islam sebagai tindakan teroris. 

Pada kenyataannya jihad dapat diartikan sebagai upaya untuk berperang dalam menegakkan Islam dan melindungi orang-orang Islam, selain itu juga dapat diartika sebagai memerangi hawa nafsu, mendermakan harta benda untuk kebaikan Islam dan umat Islam, juga memberantas yang batil dan menegakkan yang hak.

Jihad adalah suatu jalan untuk meraih kemuliaan dan kejayaan. Jihad pada dasarnya merupakan jalan untuk menggapai derajat mulia dan kedudukan derajar syuhada yakni satu kedudukan yang sangat tinggi di sisi Allah Swt. Intinya jihad adalah jalan bagi setiap hamba untuk mendapat surga Allah Swt.

Di perkuat dalam firman Allah Swt surat Ali Imran ayat 140:



“Jika kamu (pada perang Uhud) mendapat luka, Maka Sesungguhnya kaum (kafir) itupun (pada perang Badar) mendapat luka yang serupa. dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran) dan supaya Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) supaya sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim,”

Syuhada' ialah orang-orang Islam yang gugur di dalam peperangan untuk menegakkan agama Allah.

Sungguh begitu besarnya amal jihad, mengapa kita enggan untuk berjihad? Mengapa kita mesti alergi akan kata jihad? Mengapa kita bisa menganngap bahwa jihad itu teroris padahal kenyataannya bahwa jihad fisabilillah adalah amal yang sangat baik. Amal yang akan membukakan pintu surga kepada umat islam?

JIka kita termasuk orang yang enggan berangkat jihad maka sungguhnya kita menolak kebaikan, kita menolak kemuliaan dan kita menolak surga yang Allah Swt siapkan untuk hamba-hambanya yang takwa. Dengan kita menolak jihad maka sesungguhnya kita juga menentang Allah dan menentang azab Allah.

Kenapa begitu? Karena ketetapan Allah sudah tamat. Sebagaimana telah dinyatakan dalam firman-Nya dan sunnah Rasul-Nya. Oleh karena itu terimalah jihad. Sesungguhnya jihad itu adalah sesuatu yang sangat pening bagi khidupan manusia dan merupakan suatu tindakan yang tidak dapat terpisahkan dari Agama. 



Semoga bermanfaat Update selalu Belajar, Bukan Main-Main dimanapun kawan berada. Akhirnya kepada Allah Swt jualah semuanya kembali. Terima kasih ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.