Badai Matahari Akankah Terjadi?


Apakah benar pada tahun 2013 nanti adalah saatnya matahari bangun dari hibernasi? Hibernasi adalah tidur panjang yang biasanya digunakan pada hewan beruang yang tidur panjang saat musing dingin di kutub. Nah, badan antariksa NASA mengumumkan akan bangunnya matahari dari hibernasi ini akan berakibat buruk bagi penghuni bumi, yang kemungkinan besar akan mengganggu sistem telekomunikasi bumi.

Yang selanjutnya bangunnya matahari dari hibernasi itu disebut sebagai badai matahari. Badai matahari ini dapat menghasilkan radiasi tingkat tinggi yang mungkin saja berpengaruh terhadap medan magnet bumi, yang selanjutnya dapat merusak seluruh gelombang elektromagnetik di bumi dan manimbulkan bencana besar.

Jika benar hal ini terjadi maka dapat dikatakan bahwa seluruh aktivitas manusia yang pada intinya memanfaatkan gelombang elektomagnetik bumi dan medan magnet bumi dipastikan akan terhenti. Seluruh jaringan telekomunikasi termasuk itu radio, navigasi pesawat terbang, GPS dan sebagainya tidak akan berfungsi tanpa ada medan magnet.

Hal ini bukan sekedar isu namun memang telah diteliti dari jauh-jauh hari terhadap matahari. Belakangan ini suhu dari matahari terus meningkat, coba saja sekarang ini cuaca menjadi tidak menentu dan sebagainya.


Dikutip dari perkataan Liam Fox dan para ahli bahwa kekuatan gejolak api matahari dapat mencapai 1032 erg atau 100 kali lebih panas atau lebih kuat dari energi panas yang dibentuk oleh pemnakaran seluruh minyak bumi dan batu bara di perut bumi.

Jika gejolak api matahari tak sampai, maka masih ada ancaman lain untuk bumi. Aliran terkuat korpuskular siap mengganggu medan magnet di planet Bumi dan membuat karakteristiknya berubah seketika. Partikelnya bergerak dengan kecepatan super 400-1000 km per detik, sehingga bisa mencapai bumi dalam waktu 1-2 hari saja. Proses inilah yang disebut badai magnetik.

Badai Matahari Akankah Terjadi?

Namun semua itu hanyalah usaha dari manusia untuk dapat mengetahui dan memperkirakan apa yang akan terjadi karena pada kenyataannya masa depan itu tidak akan pernah diketahui manusia. Masa depan hanya diketahui oleh zat yang Maha Mengetahui Allah Swt.

sumber: vivanews.com 


Baca Artikel Lainnya: 


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Berikan Komentar Anda Di Kolom Yang Tersedia

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.