INSOMNIA | KEBIASAAN SUSAH TIDUR


Insomnia, apakah kawan tahu apa itu insomnia? Ya, pasti kawan sudah tidak aneh lagi dengan kata ini. Sebuah kebiasaan buruk yakni tidak dapat tidur dengan mudah. Untuk dapat tidur biasanya penderita insomnia akan melakukan berbagai cara, namun kebanyakan yang tidak mengetahui caranya malah membuat dirinya lebih susah untuk terlelap tidur.

Insomnia memang tidak mematikan bagi penderitanya namun efek yang ditimbulkan dari insomnia ini yang berbahaya. Jika insomnia dibiarkan terus memburuk maka dapat memicu depresi, darah tinggi dan mungkin saja bunuh diri karena pikirannya mulai terganggu.. Dalam jangka panjang, insomnia juga bisa mengganggu sistem metabolisme sehingga menyebabkan diabetes dan serangan jantung.

Nah, bagaimana caranya agar kebiasaan susah tidur (Insomnia) ini dapat berakhir? Dan apa saja yang seharusnya dihindari oleh penderita Insomnia?

Bagi kawan yang menderita insomnia, bisa anda melakukan hal-hal berikut agar mudah dalam memulai tidur sehingga menghilangkan kebiasaan susah tidur.
1. Tenangkan diri jangan sampai pikiran itu gelisah.
2. Membaca buku, terlebih buku keagamaan, bagaimanapun juga membaca buku itu akan mempercepat timbulnya rasa kantuk apa lagi jika buku mengenai keagamaan.
3. Matikan lampu, karena suasana gelap akan memudahkan manusia untuk mencapai rasa kantuknya.

Selain hal yang bisa membuat rasa kantuk timbul sehingga kebiasaan susah tidur (insomnia) hilang di atas, kawan juga harus mengetahui mengenai hal yang harus dihindari oleh orang yang menderita insomnia.
1. Jangan pernah melirik jam
Berulang-ulang melihat jam dinding, weker atau jam tangan hanya akan membuat pikiran makin gelisah dan berpikir tidak ada waktu lagi untuk tidur karena takut besok pagi akan bangun kesiangan.

Agar tidak tergoda untuk melihat jam, tidak ada salahnya untuk melepas jam dinding dari tembok kamar tidur dan memasukkan weker ke laci di sebelah tempat tidur. Jam tangan juga tidak harus dipakai saat tidur, kecuali jika jam tangan itu mengandung medan magnet tertentu yang bisa membuat tidur lebih lelap.

2. Menyalakan lampu di tengah malam
Jika sewaktu-waktu terbangun tengah malam dan butuh pencahayaan misalnya untuk membaca SMS masuk atau pergi ke toilet, dianjurkan tidak menyalakan lampu utama. Cukup dengan lampu tidur atau jika kurang terang nyalakan saja TV atau benda lain yang mengeluarkan cahaya namun tidak terlalu terang.

Karena cahaya terang bisa menghambat produksi melatonin, yakni hormon yang mempengaruhi otak untuk merasa ngantuk. Akibatnya seseorang yang menderita insomnia akan semakin merasa sulit terlelap.

3. Melakukan pekerjaan serius agar mengantuk
Beberapa orang menganggap pekerjaan serius seperti melanjutkan pekerjaan kantor dan menghitung tagihan bulanan bisa membuatnya lelah kemudian mengantuk. Meski ada benarnya, namun kadang-kadang otak bisa ikut merasa lelah sehingga regulasi atau pengaturan rasa kantuk malah terganggu.

Jika ingin melakukan sesuatu untuk mengisi waktu sebelum benar-benar mengantuk, lakukan saja hal-hal yang ringan dan membosankan. Menjahit, menyetrika, melipat baju atau apapun yang bisa dilakukan tanpa membuat dahi berkerut biasanya lebih efektif memicu rasa lelah dan mengantuk.

Mungkin itulah yang bisa saya sampaikan kepada kawan yang membaca dan memerlukan informasi mengenai INSOMNIA | KEBIASAAN SUSAH TIDUR.  


Baca Artikel Lainnya:

1 comments:

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.