Sujud Keutamaan dan Kelebihannya - Sujud

Sujud Keutamaan dan Kelebihannya - Sujud

Kawan apakah kalian pernah memikirkan walaupun sedikit mengenai sujud? Mudah-mudahan kawan termasuk orang yang mengetahui bahwa sujud merupakan suatu perbuatan yang sering dilakukan umat muslim yang beriman dan sujud juga merupakan saatnya waktu dalam shalat yang mustajab doa. Karena tidak sedikit di antara umat muslim yang belum mengetahui dan belum paham mengenai keutamaan dan kelebihan dari sujud.

Seperti yang tercantum dalam Firman Allah Swt yakni Al-Quran surat Al-Alaq ayat 19:






"Dan sujudlah dan dekatkanlah dirimu kepada Allah"

Keutamaan dan Kelebihan dari sujud:
1. Sujud merupakan jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.
2. Sujud merupakan ciri kedekatan dengan Allah Swt.
3. Sujud merupakan saatnya mustajab doa.
4. Sujud merupakan jalan menuju masuk surga.

 Inilah penjelasan dari point 1 sampai dengan point 4:
1. Sujud Merupakan jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt
Setiap manusia pasti membutuhkan pertolongan dan ampunan Allah Swt dalam setiap saat. Dan kita pasti menginginkan senantiasa di bawah perlindungan dan rahmat Allah Swt. Semuanya ingin menjadi orang yang dekat kepada-Nya. 

Realitanya, sekarang banyak sekali kaum muslimin yang keliru dalam mendekatkan diri kepada Allah Swt.  Mereka melakukan aktivitas dan amalan yang justru menjauhkan mereka dari Allah Swt. Lihat saja mereka hamburkan uang, waktu dan tenaga dalam perkara bid’ah. Ketidaktahuan merekalah yang menjerumuskan diri mereka ke dalam hal ini. Padahal, sangat mudah untuk mendekat kepada Allah Swt yang Mahadekat kepada hamba-Nya.

Bagaimana caranya? ya seperti yang terkandung dalam firman Allah Al-Alaq ayat 19 di atas.

2. Sujud merupakan ciri kedekatan dengan Allah Swt
Sujud adalah bentuk ibadah yang paling sempurna, sehingga Allah Swt menjadikan sujud sebagai waktu dan kondisi terdekat antara Dia dengan hamba-Nya. Hal ini juga diperkuat dengan sabda Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Muslim, "Yang terdekat seorang hamba dari Rabb-nya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah doa.

Apabila dalam posisi dekat seperti ini tentunya bila hamba itu berdoa kepada-Nya akan dikabulkan. Oleh karena itu, Rasulullah memerintahkan kita untuk memperbanyak doa dan bersungguh-sungguh dalam memohon kepada-Nya. Namun, harus diketahui bahwasannya dalam suatu keterangan ada yang menyebutkan bahwa doa yang dimaksudkan bukanlah bacaan ayat Al-Quran melainkan doa yang kita minta.

3.  Sujud merupakan saatnya mustajab doa
Posisi dan kondisi seorang hamba ketika sujud dihadapan Allah Swt dan perintah Rasulullah Saw memperbanyak doa menunjukkan keutamaan sujud dan terkabulnya doa bila dilakukan padanya. Bahkan, ada jaminan dari Rasulullah Saw tentang hal itu bila dilakukan dengan memenuhi syarat dan adab doa (Tidak berdoa untuk keburukan).

Yang dipertegas dengan sabda Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Muslim, "Wahai manusia, sungguh tidak tersisa dari berita gembira kenabian, kecuali mimpi yang baik yang dilihat seorang muslim atau diperlihatkan kepadanya. Ketahuilah, aku dilarang membaca al-Quran dalam ruku’ dan sujud. Adapun ruku’, maka agungkanlah padanya Rabb ‘Azza wa Jalla. Sedangkan sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, karena dijamin akan dikabulkan untuk kalian.

4. Sujud merupakan jalan menuju masuk surga
Bukan hanya sekadar doa yang terkabulkan, namun juga kita bisa masuk surga dengan memperbanyak sujud ini. Sabda Rasulullah Saw diriwayatkan oleh Muslim, "Kamu harus memperbanyak sujud kepada Allah, karena tidaklah kamu sujud kepada Allah sekali kecuali Allah angkat kamu satu derajat dan hapus darimu satu dosa. "

Dan sabda Rasulullah yang juga diriwayatkan Muslim ketika Rasulullah Saw memberikan satu permintaan yang diajukan oleh Rabi’ah bin Ka’ab, "Saya meminta menjadi pendampingmu di surga. Beliau menjawab, 'Maka, bantulah aku atas dirimu dengan memperbanyak sujud.'" 

Nah, Siapa sih yang tidak ingin masuk surga? Apalagi menjadi pendamping Rasulullah Saw di surga. Rasulullah Saw mendapatkan surga tertinggi dan yang menemaninya tentunyapun demikian. Tentunya, kita semua sangat ingin masuk surga dan menjadi pendamping kekasih kita, Nabi Muhammad Saw, sehingga dengan memperbanyak sujud insya Allah Swt kita bisa mendapatkannya. 

Mari memperbanyak sujud dan memperbanyak doa ketika sujud, mudah-mudahan Allah Swt memudahkan kita masuk surga dan dipenuhi semua kebutuhan dan hajat kita di dunia dan akhirat. Amin.



Baca Artikel Lainnya: 


0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.