Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia

Seiring dengan perkembangan jaman maka semakin berkembanglah teknologi di dunia. Teknologi memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia di dunia ini. Hal ini memang kenyataan, bahwa jaman sekarang ini segala sesuatu itu pasti memerlukan teknologi dan menggunakan teknologi. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa orang yang tidak menggunakan teknologi dalam kehidupannya akan tertinggal dan pasti kalah bersaing termasuk dalam dunia kerja dan pendidikan.

Nah, dalam dunia pendidikan sendiri pada saat ini memang technology sangat diandalkan. Salah satu contohnya adalah ketika seorang siswa membuat sebuah tugas presentasi maka siswa itu akan membuat suatu konsep menggunakan bantuan dari teknologi yakni komputer. Selanjutnya siswa inipun akan membutuhkan sebuah infokus atau LCD untuk dapat mempresentasikan hasil dari tugasnya. Bandingkan jika harus print dan copy file yang harus dipresentasikan pasti sangat banyak. Dan ini akan memboroskan uang berbeda dengan menggunakan teknologi.

Teknologi dibuat dengan tujuan mempermudah pekerjaan dan membantu manusia untuk memecahkan masalah.

Pastinya masih banyak teknologi yang sangat membantu proses pendidikan.  

Namun ingat bahwa teknologi yang kita gunakan ini ternyata masih banyak yang diproduksi oleh bangsa lain, dalam kata lain kebanyakan teknologi yang kita gunakan itu adalah barang import dari luar negeri. Bangsa Indonesia saat ini dapat disebutkan hanya sebagai konsumen semata yang menguntungkan bangsa lain. Dapat dikatakan juga bahwa negara kita Indonesia saat ini belum keluar dari penjajahan yakni penjajahan teknologi.

Kita harus mulai berpikir bagaimana caranya untuk memproduksi teknologi bukan hanya sekedar konsumen. Karena tidak ada kata terlambat untuk mengejar ketinggalan, ketinggalan yang dimaksudkan disini adalah dalam bidang teknologi.

Jadikan bangsa ini sebagai bangsa yang maju yang dapat mengejar dan memimpin perubahan dalam bidang teknologi khususnya dan dalam bidang lainnya. Sumber daya manusia di Indonesia ini sebenarnya memiliki potensi untuk dapat berkembang dan memajukan teknologi keluaran indonesia.

Belajarlah dari teknologi yang ada dan kembangkan pengetahuan serta pelajarilah yang selanjutnya buatlah teknologi versi kawan semua. Keluarkan bangsa ini kebiasaan sebagai konsumen teknologi. 

Technology untuk dimanfaatkan sebagai alat bantuan dalam kehidupan manusia ini bukan teknologi dibuat sebagai tuan untuk manusia. Teknologi dibuat oleh manusia sehingga tidak sepantasnya manusia terkegantungan kepada teknologi. 

Inilah sedikit pemikiran saya mengenai Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.