Turbin Bekerja Dengan Prinsip Reaksi

Anda kah orang yang ingin mencari penjelasan mengenai macam-macam turbin penghasil listrik dari hydro, kekuatan air? inilah 2 turbin paling popular yang banyak digunakan. Ini adalah uraian singkat hasil kesimpulan yang saya dapatkan dari banyak reverensi termasuk logika yang saya temukan, semoga bermanfaat.

Pada turbin ini ekspansi fluida terjadi baik pada sudu-sudu gerak (sudu-sudu jalan).

Konstruksi turbin terdiri dari dari sudu pengarah dan sudu jalan, dan kedua sudu tersebut, semuanya terendam di dalam aliran air. Air pertama masuk pada terusan berbentuk rumah keong. Perubahan energi seluruhnya terjadi pada sudu pengarah dan sudu gerak.

Aliran air masuk ke sudu pengarah dengan kecepatan semakin naik degan tekanan yang semakin turun sampai roda jalan, pada roda jalan kecapatan akan naik lagi dan tekanan turun sampai di bawah 1 atm. Untuk menghindari kavitasi, tekanan harus dinaikan sampai 1 atm dengan cara pemasangan pipa hisap.


Pengaturan daya yang dihasilkan yaitu dengan mengatur posisi pembukaan sudu pengarah, sehingga kapasitas air yang masuk ke roda turbin dapat diperbesar atau diperkecil.

Kapasitas umum yang dihasilkan adalah 10 sampai 750 megawatt

2. Turbin Kaplan
Sama dengan turbin francis, turbin ini juga menggunakan prinsip kerja reaksi. Turbin Kaplan mirip dengan baling-baling pesawat terbang hanya fungsinya berbeda. Bila baling-baling pesawat terbang berfungsi untuk menghasilkan gaya dorong, roda jalan pada kaplan berfungsi untuk mendapatkan gaya F yaitu gaya putar yang dapat menghasilkan torsi pada poros turbin. Berbeda dengan roda jalan pada francis, sudu-sudu pada roda jalan kaplan dapat diputar posisinya untuk menyesuaikan kondisi beban turbin.

Turbin kaplan banyak dipakai pada instalasi pembangkit listrk tenaga air sungai, karena turbin ini mempunyai kelebihan dapat menyesuaikan head yang berubah-ubah sepanjang tahun.
Turbin kaplan dapat beroperasi pada kecepatan tinggi sehingga ukuran roda turbin lebih kecil dan dapat dikopel langsung dengan generator. Pada kondisi pada beban tidak penuh turbin kaplan mempunyai efisiensi paling tinggi, hal ini dikarenakan sudu-sudu turbin kaplan dapat diatur menyesuaikan dengan beban yang ada.

Kapasitas umum yang dihasilkan adalah 5 to 120 MW.

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.