Rangkaian Booster Antena Televisi - Penguat Sinyal

Berikut ini Gambar skema Rangkaian Booster Antena Televisi beserta komponen dan cara pembuatannya.

Rangkaian booster antena televisi atau penguat sinyal antena televisi di bawah ini menurut saya cukup sederhana untuk dicoba. Rangkaian ini hanya menggunakan satu buah transistor yakni transistor BF180. Penguatan yang diperoleh lebih kurang 15 db. Jenis frekuensi yang bisa diperkuat oleh rangkaian booster ini adalah jenis UHF (Ultra High Frequency) sehingga rangkaian ini cocok sekali jika digunakan untuk memperkuat sinyal dari antena UHF televisi Anda. Dengan bantuan rangkaian ini mudah-mudahan kenikmatan Anda menonton televisi dari pelosok desa bisa sedikit terbantu. Itu jika memang Anda hanya menggunakan antena UHF alias tidak menggunakan parabola.

Kualitas dari rangkaian booster antena televisi ini memang tidak sebagus booster-booster yang dijual mahal dipasaran, tetapi bisa saja rangkaian ini menjadi solusi jika Anda mempunyai masalah keuangan dan siapa tahu juga Anda bisa mengembangkan lebih lanjut rangkaian ini sehingga bisa membuat rangkaian yang lebih mantap lagi.

Rangkaian Booster Antena Televisi - Penguat Sinyal

Untuk cara kerja dari rangkaian ini terus terang saja saya tidak secara detail mengetahui karena memang rangkaian ini bukan rancangan saya sendiri melainkan dari sumber lain. Tapi jika kita lihat konstruksi rangkaian, tidak terlalu aneh, seperti rangkaian-rangakaian penguat frekuensi tinggi pada umumnya. Yakni pada bagian input digunakan beberapa kombinasi RLC guna meloloskan sinyal dengan frekuensi yang diharapkan dan untuk kemudian diperkuat dengan fungsi transistor sebagai amplifier.

Untuk kenikmatan menonton televisi di rumah Anda, coba gunakan rangkaian booster antena televisi.

Sumber : www.circuitstoday.com

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.