Lampu Led Solusi Menghemat Energi

Hemat energy dan ramah lingkungan, mungkin itulah yang harus segera di sadari oleh masyarakat dan warga dunia pada masa kini. Hal ini baru saja dipikirkan ketika sumber energy dari bumi seperti Migas telah semakin sedikit dan juga semenjak banyaknya limbah yang merusak lingkungan.

Apakah kita tidak boleh menggunakan energy? Tentu jawabannya boleh. Hal ini dikarenakan tanpa energy kita sebagai manusia tidak dapat hidup dengan nyaman dan normal. Namun, kita juga harus memperhatikan bahwa sumber energy bumi itu sudah mulai menipis sehingga energy yang kita gunakan harus benar-benar di hemat.

Zaman dulu manusia hidup di permukaan bumi ini dalam keadaan gelap gulita di waktu malam, manusia baru bisa melihat dan mendapatkan cahaya bila ada api disekitar mereka. Berbeda dengan kondisi saat ini yang mana ada alat yang namanya lampu. Lampu ini dapat menghasilkan cahaya yang disesuaikan dengan masuknya tegangan listrik. 
Namun pada kenyataannya bohlam lampu ternyata memerlukan tegangan yang lumayan besar juga yakni mulai dari 5 watt hingga 100 watt untuk ukuran rumahan. Hal ini dapat memberikan efek pemborosan energy. Sehingga kita harus bisa menghemat keberadaan listrik. Salah satu solusinya adalah dengan pemakaian lampu yang lebih bisa menghemat energy, lampu hemat energy itu adalah LED.

Lampu LED dapat dikatakan sebagai lampu masa depan yang lebih ekonomis dan lebih ramah lingkungan sekaligus hemat energy pula. Banyak kelebihan yang dimiliki lampu LED. Apa sajakah itu?

1. Efisiensi Energy
Lampu Led merupakan jenis lampu yang dalam proses pembuatan cahayanya menggunakan kumpulan Led sehingga panas yang ditimbulkan oleh arus listrik tidak mengalir ke medium lampu dan ini berimbas pada penyerapan listrik oleh led yang sempurna sehingga lampu akan mudah menyala dengan terang. Yang berarti dengan penggunaan Led, energy yang digunakan untuk menyalakan lampu semakin minimal sehingga akan dapat mengefisiensikan energy serta menghemat energy.

2. Tidak Mudah Rusak dan Ramah Lingkungan
Lampu Led merupakan jenis solid-state lighting (SSL), artinya lampu LED menggunakan benda padat sebagai sumber pencahayaannya sehingga Led ini tidak mudah rusak bila terjatuh atau bohlamnya pecah. Ini juga mengurangi pembuangan sampah sehingga dapat dikatakan lebih ramah lingkungan.

3. Daya tahan lebih lama, yaitu 60x lebih lama dibanding dengan tipe lampu Incandescent dan 10x lebih lama dibanding tipe Fluorescent. Dalam artian dapat dikatakan bahwa lampu LED dapat bertahan menyala lebih dari 30.000 jam bahkan dapat mencapai 100.000 jam.

4. Lampu Led ini tidak menggunakan Mercury atau zat yang sangat berbahaya sebagai salah satu bahan pembuatannya sehingga dapat dikatakan bahwa dalam segi ramah lingkungan maka Led itu jauh lebih ramah dari pada lampu lainnya.

Dilihat dari Kekurangannya maka selama ini belum dijelaskan secara pasti apa ada dampak negative dari pengunaan Led ini. Seperti yang telah tadi dikatakan bahwa lampu Led itu merupakan satu teknologi penerangan masa depan maka Lampu Led dapat dikatakan dapat menjadi solusi alat penerangan yang lebih menghemat energy.

Selain dari 4 kelebihan lampu led ada juga yang kelebihan lainnya yang semakin membedakan antara lampu led dengan lampu lainnya. Dari Sumber di dapatkan bahwa:
  • LED solusi pencahayaan yang ideal untuk menciptakan suasana lingkungan dan meningkatkan dampak visual dari sebuah ruang hidup. Lebih penting lagi, lampu LED solusi juga menawarkan nyaman, silau cahaya rendah untuk kebutuhan fungsional dari sebuah ruang hidup.
  • Kualitas superior lampu LED tidak memancarkan UV dan menawarkan fleksibilitas untuk mengakomodasi perlengkapan luas dan faktor bentuk.Selain itu, sebagai perangkat inheren digital, LED menghasilkan cahaya yang dapat cerdas dikendalikan untuk dinamis menyesuaikan lingkungan.
  • Selain menyusun ambiences premi untuk rumah, lampu LED cahaya solusi menghemat energi yang menawarkan kualitas cahaya unggul yang baik untuk kesejahteraan untuk semua orang di rumah.

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.