Prinsip Dasar Spread Spectrum

Informasi ini dalam blog ini akan sangat berguna bagi anda yang ingin mengetahui seluk beluk teknologi pada pentransmisian dan adanya jaringan CDMA. Oleh karena itu silahkan ikuti informasi lengkapnya mengenai prinsip dasar spread spectrum.
Spread spectrum adalah teknik memancarkan sinyal pada pita frekuensi yang jauh lebih lebar dari pita frekuensi yang dibutuhkan pada transmisi standard (misal: TDMA, FDMA). Sebagai contoh adalah CDMA IS-95 menggunakan lebar pita frekuensi 1.25 MHz, sedangkan AMPS hanya 30 kHz untuk menyalurkan sinyal suara. Proses pelebaran pita frekuensi ini disebut dengan spreading. Terdapat 2 teknik utama dalam spread spectrum yaitu frequency hopping dan DS-CDMA yang lebih dikenal sebagai CDMA saja.

Frequency hoping diperoleh dengan merubah-rubah frekuensi pembawa berdasarkan waktu dengan pola yang mendekati acak, pseudo random.Sedangkan CDMA diperoleh dengan memodulasi sinyal informasi dengan spreading sequence yang dikenal sebagai pseudo noise (PN) sinyal digital yang menjadikan sinyal informasi berpita lebar dan berbentuk seperti derau (noise).

spektrum sinyal CDMA


spektrum sinyal frequency hoping

Itulah informasi yang bisa diberikan mengenai sebuah prinsip dasar dari Spread Spectrum.

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.