Penelitian Mengenai Perkiraan Usia Bumi

Penelitian Mengenai Perkiraan Usia Bumi
Kawan pernahkah kalian berpikir mengenai berapa usia bumi yang kita tempati sekarang? Seberapa tuakah bumi yang kita tempati ini, jika kita renungkan ucapan Rasulullah Saw. bahwa bumi kita ini telah tua? Apakah mungkin kita dapat memperkirakan usia dari bumi ini? Merupakan suatu yang sangat menarik jika kita dapat memperkirakan hal ini. Bagaimana tidak bahwa kita dapat memperkirakan sesuatu yang hampir tidak mungkin yakni mengetahui usia bumi.

Mengetahui usia bumi secara spesifik alias secara tepat mungkin merupakan hal yang tidak mungkin dapat dilakukan. Hal ini dikarenakan usia manusia yang kalah jauh dari bumi atau tidak ada manusia yang hidup dari saat mulainya penciptaan bumi sampai sekarang ini. Juga selain itu keterbatasan dari akal manusia, namun jika hanya perkiraan dan mungkin hasilnya mendekati, hal ini merupakan suatu hal yang mungkin terjadi. Karena melalui penelitian kita dapat mengetahui atau memperkirakan sesuatu yang menjadi objek dari penelitian.

Perkiraan Usia Bumi
Jika kita lihat sejarah dari usaha manusia untuk dapat mengetahui usia dari bumi, maka kita akan terus menelaah dari pendapat para ahli dan para peneliti. Usaha dari manusia untuk melakukan penelitian mengenai usia bumi ini ternyata telah dilakukan dari abad ke-18, penelitian ini menggunakan metode pengamatan berdasarkan pada tingkat pendinginan pada bumi. By the way (ngomong-ngomong) mengenai pendapat masyarakat mengenai usia bumi, kebanyakan berpendapat bahwa usia bumi berkisaran ratusan hingga ribuan tahun saja.

Bahkan jika kita lihat dari sebuah keterangan mengenai pendapat dari ilmuan terkenal yang memiliki kontroversi mengenai teori evolusi (Charles Darwin) bahwa dia berpendapat jika usia bumi hanya 306,7 tahun. Yang artinya menurut pendapat ilmuan ini bumi baru muncul pada abad ke-17 lalu yang menjadi pertanyaan untuk pendapat ini adalah, kemana umur yang sisanya 1700 tahun masehi? Apa sebelum abad 17 tidak ada kehidupan? Hmmm… sungguh pendapat yang tidak masuk akal.

Ingatlah bahwa jika sekarang ini tahun 2011, maka telah 1432 tahun H lalu Nabi Muhammad Saw telah ada di bumi ini dan beliau menyebutkan usia bumi ini telah tua. Bahkan dalam suatu keterangan beliau menyebutkan jika bumi ini seorang manusia, maka manusia itu sudah dalam keadaan membongkok (kakek tua yang sudah bongkok). Jika kita renungkan ketika rasulullah menyebutkan sekitar lebih dari 14 abad lalu umur manusia sudah seperti kakek-kakek yang bongkok bagaimana sekarang? Pertanyaan selanjutnya jika bumi ini masih bertahan 14 abad lebih padalah ketika itu rasulullah menyebutkan usianya seperti kakek-kakek tua bongkok maka berapakah usia bumi ini jika mengingat kakek itu masih bayi?

Maka dilakukanlah penelitian oleh para ahli untuk mengetahui usia bumi, penelitian dilakukan dengan mengambil sample dari pemahaman peluruhan radioaktif. Jika dilihat dari teori big bang bahwa bumi terbentuk dari puing-puing dari ledakan matahari. Mengapa penelitian ini dilihat dari pemahaman peluruhan radioaktif? Hal ini dikarenakan zat radioaktif melepaskan partikel subatomic pada tingkatan yang sangat stabil. Sehingga akan sangat mudah diketahui hasil dari penelitiannya.   

Radioaktif yang digunakan adalah uranium. Uranium digunakan karena uranium ini merupakan elemen radioaktif alamiah yang sangat dipahami oleh para peneliti, bahkan uranium ini adalah hal yang mudah dipelajari jika serius.

Sampai pada akhirnya para peneliti ini melakukan penelitian untuk mengukur rasio uranium dengan sample yang digunakan adalah batuan kuno. Dengan penelitian ini ditemukan usia dari batuan kuno ini berumur 4,5-4,6 miliar tahun dan disimpulkan inilah perkiraan usia dari bumi.

Mungkin inilah Penelitian Mengenai Perkiraan Usia Bumi yang pada mulanya merujuk pada referensi teknologi.inilah.com / humasristek

2 comments:

  1. terima kasih gan buat infonya,,
    salam kenal aja ya gan,,,

    BalasHapus
  2. yang menjadi pertanyaan gan..

    apakah ada yg bisa menebak...
    apa bumi kita ini memiliki Umur dimana dia akan meledakkan diri nya..seperti planet2 lainnya...??

    btw mksih info nya gan..
    salam kenal

    sekalian mo nginfoin..
    sapa tau butuh jasa penulisan Konten pd blog atau web..
    ini bisa di coba www.PenulisContent.com

    Recommended ^_^

    BalasHapus

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.