Definisi Asbabun Nuzul Al Quran


Al Quran merupakan kitab suci terakhir yang Allah Swt mukjizatkan kepada Nabi Muhammad Saw. Al Quran ini terdiri atas 30 juz, 114 surat dan 6666 ayat. Nah, dari sekian banyak ayat Al Quran ini apakan kalian tahu apa yang melatarbelakangi turunnya Al Quran?

Dalam artikel ini akan di bahas mengenai Asbab An-Nuzul dan lebih rincinya hanya akan membahas definisi Asbabun Nuzul Al Quran. Bagaimanapun juga sangat penting mempelajari Asbabun Nuzul karena dengan mempelajari dan memahaminya, manusia akan lebih memperkuat iman dan takwanya kepada Allah Swt.

Kalimat Asbabun Nuzul pada mulanya merupakan gabungan dua kalimat atau dalam bahasa arab disebutnya kalimat idhafah yakni dari kalimat “Asbab” dan “Nuzul”. Yang jika dipandang secara etimologi maka Asbab An-Nuzul didefinisikan sebagai sebab-sebab yang melatarbelakangi terjadinya sesuatu. Asbabun Nuzul yang dimaksudkan disini adalah sebab-sebab yang melatarbelakangi turunnya Al Quran.

Jika kita lihat dan kita pandang kalimat Asbabun Nuzul Al Quran secara terminologi maka kita akan mendapatkan banyak pendapat para ulama mengenai Asbabun Nuzul ini. 

Inilah beberapa pendapat para ulama mengenai Definisi Asbabun Nuzul Al Quran:
1.      Menurut Az-Zarqani
Didefinisikan bahwa Asbabun Nuzul merupakan sesuatu yang khusus untuk menggambarkan sesuatu yang terjadi yang berhubungan dengan turunnya ayat Al Quran yang berfungsi sebagai penjelas hukum pada saat peristiwa terjadi.
2.      Menurut Ash-Shabuni
Didefinisikan bahwa Asbabun Nuzul sebagai peristiwa yang menyebabkan turunnya satu atau beberapa ayat mulia yang berhubungan dengan peristiwa dan kejadian tersebut, baik berupa pertanyaan yang diajukan kepada Nabi atau kejadian yang berkaitan dengan urusan agama.
3.      Menurut Shubhi Shahih
Dapat didefiniskan bahwa Asbabun Nuzul adalah sesuatu yang menjadi sebab turunnya satu atau beberapa ayat Al Quran yang menyiratkan peristiwa yang terjadi sebagai respon cepatnya. Atau sebagai penjelas hukum-hukum di saat peristiwa itu terjadi. 
4.      Menurut Mana’ Al-Qthathan
Asbabun Nuzul merupakan peristiwa-peristiwa yang menyebabkan turunnya Al Quran yang berkenaan dengannya waktu peristiwa itu terjadi, baik berupa satu kejadian atau berupa pertanyaan yang di ajukan kepada nabi.
 
Jika kita lihat dari empat pendapat para ulama di atas maka terdapat perbedaan pendapat di antara mereka, namun walaupun redaksi yang digunakan untuk mendefinisikan Asbabun Nuzul Al Quran berbeda, semuanya menyimpulkan hal yang sama yakni Asbabun Nuzul adalah suatu kejadian atau peristiwa yang melatarbelakangi turunnya ayat Al Quran.

Asbabun Nuzul juga dapat dikatakan sebagai rentetan bahan-bahan sejarah yang dapat dipakai untuk memberikan keterangan-keterangan terhadap ayat-ayat Al Quran.

Jika ada pertanyaan mengenai, apakah semua ayat Al Quran itu ada Asbabun Nuzulnya? Maka dapat dengan yakin kita katakan bahwa semua ayat Al Quran memiliki Asbabun Nuzul. Hal ini adalah jawaban yang pernah saya dan kawan-kawan diskusikan yang semuanya meyakini Asbabun Nuzul terdapat pada setiap ayat Al Quran dengan mengingat akan semua penciptaan.

Ingatlah bahwa sebuah kue akan ada jika ada seseorang yang membuatnya, begitu pula bumi yang kita tempati ini dan kita sendiri sebagai manusia tentu ada yang menciptakan. Karena tidak mungkin sesuatu itu ada tanpa penciptanya. Nah, ini juga berlaku pada Asbabun Nuzul, bahwa tidak mungkin sebuah ayat ada tanpa adanya sebab yang menjadikannya ada.

Itulah mungkin artikel mengenai Definisi Asbabun Nuzul Al Quran yang dapat saya sampaikan.


Baca Artikel Lainnya:

3 comments:

  1. saya masih harus belajar lebih banyak tentang islam, karena pengetahuan saya masih dangkal bgt

    BalasHapus
  2. Coba hitung lagi jumlah ayat yang di dalam al-Qur'an.

    http://blogs.phys.unpad.ac.id/abdurrochman/2011/02/27/al-quran-dengan-6666-ayat-adalah-al-quran-palsu/

    BalasHapus

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.