Hacker Cyber Crime 2011

Hacker Cyber Crime

(Information) - Hacker Cyber Crime 2011
Apakah kawan tahu definisi dari Hacker? Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa dan bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi bahkan mengeksploitasi system dan jaringan yang terdapat pada sebuah perangkat. Perangkat yang dimaksudkan disini ada dua kategori yakni perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya. Biasanya seorang hacker hanya akan berfokus pada subjek keamanannya atau membobol keamanan dari suatu hal yang dia incar.

Hacker telah terkenal akibat kerugian yang mereka lakukan seperti mengubah tampilan suatu website, menyisipkan kode-kode virus dan sebagainya. Lalu pertanyaannya mengapa mereka dapat membobol keamanan website dan bagaimana cara kerja hacker? Mereka dapat membobol suatu keamanan website dengan menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak atau disebut bug (suatu kesalahan desain perangkat lunak). Namun kebanyakan para hacker akan bekerja dengan cara menganalisa system untuk dapat membobolnya.

Harker disini digolongkan pada dua kategori yakni White Hat Hackers dan Black Hat Hackers. Masing-masing kategori hacker ini memiliki fungsi dan system pekerjaan yang berbeda.

1. White hat hacker adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada hacker yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan system yang di temukannya. Dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos system.

2. Black hat hacker adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada cracker yaitu mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa ijin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut. Black Hat Hacker lebih cenderung ke Istilah cracker yang sifatnya hanya membongkar dan merusak demi keuntungan pribadi. Namun terkadang kita pun mendapatkan manfaat dari ulah black hat ini, apa coba? Hahaha… suatu program gratis, yang disebut crack.

Lalu apa ya kira-kira yang akan mereka lakukan pada tahun 2011 ini? Hmmm… mungkin menjadi perhatian bagi para pengguna internet atau yang sering online dan memiliki sebuah atau beberapa weblog/website agar dapat lebih waspada dan meningkatkan keamanan weblog / website / email atau keamanan komputernya sendiri. Mungkin inilah beberapa yang dipotensikan menjadi sasaran utama dari para hacker ini. Inilah Predikdi target Hacker Cyber Crime 2011:

1. Layanan penyingkat URL atau URL-shortening service, harus kita ketahui bahwa URL-Shortening service semakin diminati dan banyak digunakan pada situs seperti Twitter. Layanan yang mampu meringkas alamat situs seperti bit.ly dan TinyURL ini ternyata mengeluarkan 3.000 URL setiap menitnya(wow menakjubkan sekali). Maka tak mengherankan jika layanan ini menjadi sasaran empuk para cyber crime. Diprediksikan bahwa mereka akan memanfaatkan layanan tersebut untuk menyuntikkan spam, scam (penipuan online) dan program jahat lainnya. Ngerikan? Bagaimana kita bisa menahan serangan 3000 URL setiap menitnya? Haduuuhhh….

2. Bagi kawan yang gemar memakai Foursquare, sebaiknya kawan berhati-hati karena diprediksi menjadi incaran para cybercrime. Para crime ini akan dengan mudahnya mengetahui siapa yang sedang nge-tweet, di mana lokasinya dan apa yang mereka katakan. Bahkan, ketertarikan user dan sistem operasi serta aplikasi yang dipakai bisa dilacak pula secara real time.

3. Bukan hanya computer ternyata data yang disimpan di ponsel juga masuk dalam daftar incaran cybercrime attack 2011. Dengan makin banyaknya pengguna smartphone yang dikombinasikan dengan kerentanan infrastruktur seluler plus lemahnya enskripsi, maka para pemilik data akan berisiko besar menghadapi serangan para cybercrime.

4. Ancaman serangan malware (program berbahaya) pada pengguna Mac akan meningkat tajam di tahun 2011 meski platform Mac OS dikenal kuat. Karena mengingat iPad serta iPhone menjadi bisnis yang menggiurkan maka ada kemungkinan aksi pengeksposan data dan identitas penggunanya juga terjadi.

5. Web-connected TV platforms seperti Google TV akan menjadi target bagi aplikasi jahat. Aplikasi ini akan menarget atau mengekspos data pribadi yang nantinya akan memungkinkan para pelaku cybercrime memanipulasi sejumlah piranti lewat aplikasi yang dikontrol tersebut.

Itulah beberapa kemungkinan apa yang akan dilakukan oleh para cybercrime di tahun 2011 ini. 


Berikan Komentar Anda 

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.