Cara Kerja CT (computed tomography) Scan

Cara kerja CT (computed tomography) scan
CT (computed tomography) scan
Metode ini merupakan bentuk scan sinar X yang lebih canggih dengan menggunakan kekuatan komputasi modern untuk menginterpretasikan sinar X multipel yang membentuk gambaran potong lintang dua dimensi dari jaringan tubuh dan organ.

Gambaran ini didapat dengan meletakkan pasien di tempat tidur horizontal dan secara perlahan melewati alat scan sinar X sirkular, alat akan bergerak mengelilingi tubuh, dan mengambil beberapa seri scan yang direkam oleh detektor, bukan film. 

lnformasi dari setiap scan akan diintegrasikan membentuk gambaran detail daerah yang diteliti. Setiap scan akan dianggap seperti potongan roti jika semua potongan dihubungkan, maka didapatkan seluruh gambaran yang mendetail.

Cara kerja CT (computed tomography) scan
CT memberikan detail yang lebih banyak dibandingkan foto sinar X biasa dan memberikan gambaran potong lintang dari semua jaringan tubuh, gambaran tulang, jaringan lunak, dan pembuluh darah yang rinci. CT dapat digunakan untuk mendiagnosis berbagai cedera dan penyakit (termasuk kanker) dan sebagai panduan terapi radiasi untuk tumor dan biopsi untuk pemeriksaan. 

Untuk meneliti jaringan tertentu atau melihat pembuluh darah, dapat digunakan zat kontras (zat yang memiliki opasitas berbeda dan umumnya mengandung senyawa iodin) untuk memperjelas gambaran.

Walaupun CT akan memaparkan pasien terhadap scan multipel, tetapi metode deteksi yang lebih sensitif memungkinkan penggunaan dosis radiasi yang lebih rendah. Dosis radiasi umum CT ekuivalen dengan jumlah radiasi alamiah yang diterima dalam setahun.

Seperti juga pemeriksaan sinar X lainnya, untuk memastikan keamanan maksimum pasien, maka daerah abdomen dan panggul harus ditutupi dengan apron timbal, kecuali jika daerah tersebut hendak diperiksa.

Pustaka
Prinsip-2 Sains untuk Keperawatan

Cara kerja CT (computed tomography) scan

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.