Udara dan Struktur Pembentuknya



Kawan, ini adalah sebuah rangkuman kecil dari pengalaman ketika di SMA. Wah kayaknya sudah sedikit lupa dan mungkin tidak seperti dulu lagi. Tapi mudah-mudahan bermanfaat bagi kawan-kawan yang memerlukan pengetahuan mengenai Udara dan Struktur Pembentuknya.

Nah, agar cepat dan tidak terlalu panjang basa-basinya (hehe… pusing ngomong apa.) meningan mulai aja langsung ke materi, persiapkan untuk membaca ya, rumit bahasanya ^_^

Udara, apakah udara itu? Udara adalah kumpulan berbagai gas yang tidak berbau dan tidak berwarna. Lalu gas bumi mengapa berbau? Nah, ini disebabkan oleh adanya campuran dari senyawa lain yang mudah bergabung pada gas seperti senyawa aromatic, nitrogen atau belerang. Udara mempunyai hampir 99% terdiri dari dua gas, yakni gas Nitrogen (2N) sebanyak 78% dan gas Oksigen (O2 ) sebanyak 21%. 


Apakah itu Nitrogen?  Nitrogen adalah gas inaktif yang tidak turut membantu proses pembakaran dan dan mempunyai sifat tidak larut dalam air. Dalam Al-Quran diketahui bahwa porsi gas Nitrogen yang paling tinggi adalah ukuran yang telah diberikan oleh Sang Pencipta. Hal ini berhasil diteliti bahwa jika ukuran Nitrogen lebih sedikit maka ketika terjadi percikan api di luar angkasa seperti lidah api matahari yang mengarah ke bumi, akan berimbas permukaan bumi terbakar.

Apa itu Oksigen? Oksigen adalah gas aktif yang berfungsi membantu pembakaran dan dapat larut dalam air untuk kelangsungan hidup makhluk bumi yang bergantung kepada oksigen yang larut. Selain untuk bernafas dalam menjalani hidup, ternyata oksigen juga berfungsi sebgai gas yang dapat terbakar/merupakan gas syarat terjadi pembakaran. Contoh ketika lilin menyala ditutupi oleh gelas maka api akan padam, juga pada proses pernafasan manusia dan makluk lainnya yang memanfaatkan O2 (Oksigen) dalam pembakaran senyawa di dalam tubuh.

Sekali lagi bahwa besar kecilnya kandungan gas di bumi ini telah Allah Swt tentukan. Karena jika Oksigen di bumi ini berlebih maka yang terjadi adalah mudahnya api membakar segala sesuatu yang dekat dengannya juga menjadikan bumi ini berbahaya akan ledakan. Selain itu efekburuk bagi manusia adalah penyakit, seperti panas dalam atau bahkan pecah pembuluh darah dan suhu tubuh meningkat karena panasnya pembakaran oleh oksigen. Jika terlalu sedikit maka banyak makhluk yang akan mati karena kalah berebut kebutuhan oksigen.

Nah, sisanya 1% ini dibagikan untuk gas-gas yang lain, seperti gas argon 0,94%, karbon dioksida 0,03%, hydrogen 0,01% (ditambah dengan karbon monoksida, sulfur dioksida, helium, metana, ozon, karbiton, neon, zenon dan masih banyak lainnya ). Gas ini tersebar di seluruh penjuru dunia, dengan Allah Swt memberikan keistimewaan baginya (gas-gas yang 1%) untuk menyerap gelombang panas bumi dan berfungsi untuk menjaga lapisan udara dari panas, sehingga kehidupan dapat berjalan normal.

Nah, itulah mungkin sedikit ilmu dalam pembahasan materi mengenai Udara dan Struktur Pembentuknya yang dapat disampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kunjungannya. Terus saksikan Belajar, Bukan Main-Main dimanapun kawan berada. Semoga Bermanfaat.

Berikan Komentar Anda Untuk Blog Ini Kedepannya

1 comments:

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.