Daun Katuk Melancarkan ASI


Pernahkah kalian mendengar nama daun katuk? Mungkin bagi sebagian orang telah mengetahui daun katuk dan segala khasiatnya termasuk khasiat untuk melancarkan & meningkatkan ASI (Air Susu Ibu). Tapi apakah Anda sudah mengenal daun katuk itu ? jika belum mengenal daun katuk mari kita lebih mengenal daun katuk ini karena tahu belum tentu mengenal.

Katuk (Sauropus androgynus) merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Tumbuhan ini di Cina disebut sebagai mani cai, cekur manis (bahasa Melayu) dan rau ngot (bahasa Vietnam). Daun katuk merupakan sayuran minor yang dikenal memiliki khasiat memperlancar aliran air susu ibu (ASI).

Daun katuk mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun ini kaya vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karotena), B dan C. Mineral yang dikandungnya adalah kalsium, besi, kalium, fosfor dan magnesium. Katuk memiliki Warna daun hijau gelap karena kadar klorofil yang tinggi. Daun katuk dapat diolah seperti kangkung atau daun bayam.

Ibu-ibu menyusui diketahui mengonsumsi daunnya untuk memperlancar keluarnya ASI. Perlu diketahui, daun katuk mengandung papaverina, suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin.

Mudah-mudahan hal ini bermanfaat bagi anda khususnya kaum ibu yang telah melahirkan agar mengetahui bahwa Daun Katuk Melancarkan ASI.

Sumber di ambil dari beberapa literature.

Dapatkan informasi menarik dari: 

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.