Kandungan Susu Unta Untuk Kesehatan


Kandungan susu unta bertingkat-tingkat tergantung pada frekuensi perahan, usia unta, jumlah anak, jumlah dan jenis makanan yang diberikan dan jumlah air yang diminumnya.

Susu unta dianggap sebagai susu dengan zat alkali (zat kimia yang menetralisir asam) yang tinggi, tetapi cepat berubah menjadi asam jika dibiarkan beberapa saat dan besaran ph-nya berubah dari 6,5-6,7 menjadi lebih tinggi lagi. Hal ini dikarenakan bertambahnya asam laktat di dalam susu unta, yang asalnya 3% dalam waktu dua jam dari perasan menjadi 14% setelah enam jam lamanya.

Kadar air pada susu unta berubah dari 84% menjadi 90%. Kandungan lemaknya cukup rendah yaitu hanya 5,4%. Memiliki kandungan protein 3%, kadar gulanya 3,4% serta kadar materi lainnya yaitu zat besi, kalsium, fosfor, potasium dan magnesium 0,7%.

Kandungan ini akan berbeda tergantung pada jenis unta serta pakan dan minuman unta. Kandungan lemak yang terdapat pada susu unta lebih rendah dibandingkan dengan kandungan lemak susu kerbau, yaitu 31,6% berbanding 40,9%. Lemak pada susu unta bergabung dengan protein, sehingga akan sulit untuk dipisahkan dengan cara yang biasa seperti yang dilakukan pada susu-susu lainnya.

Kandungan asam lemak pada susu unta mengalami proses yang lebih pendek dibandingkan dengan susu lainnya. Susu unta memiliki lebih besar susunan zat asam lemak yang mudah mengembang, terutama linolenic dan berbagai zat asam lemak yang sangat vital untuk gizi manusia, khususnya mereka yang menderita penyakit jantung.

Selain dari itu kadar kolesterol pada kandungan susu unta lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi sekitar 40%, dan kandungan protein kasein pada susu unta secara umum mencapai 70%,sehingga membuat susu unta mudah untuk dan dikonsumsi dan tentunya sangat bagus untuk kesehatan.

Susu unta juga memiliki vitamin C dengan kadar tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Kadar ini akan terus bertambah jika unta diberi pakan rumput yang kaya vitamin. Vitamin B1 dan B2 susu unta tersedia lebih banyak dibandingkan dengan susu domba. Begitu pula dengan kandungan vitamin A dan karotin yang tersedia cukup untuk kesehatan.

Maka jelas dengan kandungan susu yang sangat istimewa ini, susu unta dapat dikategorikan sebagai susu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.Semoga menjadi pengetahuan bagi anda.

Dapatkan Informasi Menarik Dari:


0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.