Faktor Penyebab Pergerakan Lempeng Bumi

Sumber energi yang menggerakan lempeng-lempeng bumi adalah selaput bumi. Seleput tersebut merupakan gumpalan yang berwujud besar di lempeng bumi, ketebalannya mencapai 2.800 km. Lempeng bumi ini terdiri dari materi bebatuan (senyawa silikat), susunannya rumit dan sebagian atau seluruh bagiannya melebur. Namun bukan berarti cair, dalam artian hanya lembek dan sangat lengket serta memiliki suhu panas yang bertekanan tinggi.

Suhu panas di kedalaman bumi akan semakin bertambah seiring dengan kedalamannya. Oleh karena itu berarti suhu selaput bumi bagian bawah akan lebih panas dibanding dengan bagian selaput bumi jubahnya atau bagian atasnya. Perbedaan suhu ini yang membuat selaput bumi ini tidak diam.

Proses perbedaan suhu di selaput bumi ini membentuk arus yang dikenal dengan arus-arus bermuatan raksasa yang bergerak dari bawah ke atas dengan gerakan memutar, hal ini yang mungkin menyebabkan lempeng bumi dapat bergerak.

Mengapa arus ini dapat terjadi? Hal ini dikarenakan selaput bumi bagian bawah akan memindahkan materi-materi yang sangat panas ke bagian atas sebab adanya perbedaan dalam ketebalannya. Selaput bumi yang suhunya lebih rendah akan diturunkan ke bagian bawah disebabkan ketebalannya yang tinggi dan bobotnya yang berat. Dan proses ini bersifat abadi dan berjalan tanpa henti.

Gerakan lempeng-lempeng bumi dikategorikan sebagai gerakan yang rumit. Gerakan itu sistematis dan pasti. Alasannya karena gerakan tersebut pada akhirnya akan menjaga tetapnya blok bumi dan area permukaannya.

Pada saat musnahnya, salah satu lempengan bumi yang cekung ke bawah karena disebabkan oleh adanya suhu panas yang tinggi, lalu timbullah materi bebatuan baru yang arahnya saling berhadapan dengan bagian lempengan yang musnah ditengah-tengah samudra.

Hal tersebut terjadi untuk menjaga keteraturan pada sistem yang saling menjauhi di dalam gumpalan-gumpalan semesta alam. Setiap lempeng itu akan berputar pada porosnya.

Kejadian ini tentu tidak mungkin dapat terjadi secara kebetulan. Bahkan bumi ini merupakan salah satu ciptaan yang sederhana, maha karya dari Zat Pencipta yang Mahakuasa. Kekuasaan Allah Swt menjangkau seluruh makhluk tanpa ada batasnya. Sesuai firman Allah Swt dalam surat Al-Zumar ayat 67:

“Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi dia dari apa yang mereka persekutukan.”

Itulah mungkin sedikit mengenai Faktor Penyebab Pergerakan Lempeng Bumi semoga menjadi pengetahuan bagi yang membaca khususnya yang menulis ini. Terima kasih

Silahkan kunjungi bacaan lainnya di www.tsani-oke.co.cc

Dapatkan Informasi Menarik Dari:

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.