Zat Radioaktif Dimanfaatkan Kesehatan


Apa yang ada di benak anda jika mendengar radioaktif? Janganlah anda berpikir sama seperti radioaktif yang menjadi bahaya seperti di Jepang namun disini adalah radioaktif yang dapat dimanfaatkan dan sangat berguna bagi kehidupan dunia.

Mari kita kenali terlebih dahulu mengenai pengertian raadioaktif. Zat Radioaktif adalah zat yang secara aktif memancarkan sinar atau partikel radioaktif. Sinar radioaktif terdiri atas sinar alfa, beta, proton, gamma dan sinar neutron. Zat radioaktif juga dapat digunakan untuk menditeksi adanya organ tubuh yang sakit.

Di samping itu, sinar radioaktif juga dapat digunakan untuk merusak sel-sel yang tidak diinginkan, seperti sel-sel kanker. Dengan demikian, tidak diperlukan lagi pembedahan untuk mangangkat jaringan sel kanker.
Berikut adalah beberapa zat radioaktif yang dapat dimanfaatkan sebagai alat bantuan dalam bidang kesehatan:
1. Iodin-131 (I-131)
Iodin merupakan zat radioaktif yang dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada kelenjar gondok dan untuk mendeteksi jaringan kanker otak.
2. Kobalt-60 (Co-60)
Zat radioaktif yang memancarkan sinar gamma yang digunakan untuk membunuh sel-sel kanker. Co-60 juga sering digunakan dalam pengobatan penyakit leukimia (kelebihan pembentukan sel darah putih).
3. Teknetium-99 (Tc-99)
Unsur Tc-99 digunakan untuk membunuh sel-sel kanker.
4. Fosfor-32 (P-32)
Unsur P-32 digunakan untuk menyembuhkan penyakit Polycythemia rubavera, yaitu pembentukan sel darah merah yang berlebihan. Zat ini disuntikkan ke dalam tubuh sehingga radiasinya yang memancarkan sinar beta akan menghambat pembentukan sel darah merah pada sumsum tulang.
5. Talium-201 (TI-201)
Zat radioaktif TI-201 digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung dan kelainan pada pembuluh darah.
6. Besi-59 (Fe-59)
Zat radioaktif ini digunakan untuk mempelajari proses pembentukan sel darah merah.
Nah, dari pembahasan ini kita dapat mengetahui bahwa zat radioaktif juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan seperti dalam artikel kecil ini yang mengambil judul Zat Radioaktif Dimanfaatkan Kesehatan.

Intinya selain dari zat radioaktif yang berbahaya seperti yodium pemapar radiasi bahaya seperti yang terjadi di Jepang, ternyata ada juga pemanfaatan dari radioaktif ini sehingga membantu kehidupan manusia.

Dapatkan Informasi Menarik Dari:

Terima kasih telah mengunjungi Islam Akidahku dan Sains Teknologi dan membaca ulasan mengenai Zat Radioaktif Dimanfaatkan Kesehatan.

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.