Tubuh Butuh Nutrisi


Makanan itu sebagai obat dan obat sebagai makanan karena tubuh membutuhkan nutrisi. Apakah anda setuju? Makanan yang dimakan seseorang setiap hari dengan segala jenisnya, jika dipilih dan diatur dengan baik bisa memenuhi kebutuhan tubuh terhadap nutrisi. Namun, makanan yang semata-mata dikonsumsi atas dasar selera, tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh atas nutrisi.

Agar tubuh sehat dan aktif, pola makan sehari-hari harus tersusun dari berbagai unsure nutrisi, seperti vitamin, gizi dan mineral.
Berikut daftar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh:
1. Protein
Nutrisi dalam Protein dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, mengganti atau memperbaiki sel-sel yang aus atau rusak dan mendukung ketahanan tubuh. Contoh fungsi nyata protein di dalam tubuh adalah memperbaiki struktur rambut, otot, kuku, tendon, ligament dan struktur tubuh lainnya.

2. Lemak
Lemak diperlukan sebagai sumber tenaga dan penghangat tubuh. Lemak juga adalah nutrisi yang penting dalam tubuh yang berfungsi sebagai pelindung organ-organ penting, seperti paru-paru, jantung dan hati. Selain itu lemak juga membantu metabolisme dari vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A,D,E,dan K.

3. Air
Tubuh membutuhkan air untuk mengatur sistem tubuh atau memelihara suhu tubuh. Selain itu air diperlukan untuk proses di dalam tubuh, seperti penyerapan, pencernaan, sirkulasi dan pembuangan kotoran. Tubuh masih mampu bertahan selama beberapa hari tanpa makanan, tetapi tidak akan bertahan jika tanpa air, sehingga air sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup. Demikian pula dengan tubuh kita, sebagian besar berupa air. Tersedianya air yang bersih dan sehat merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

4. Oksigen
Oksigen diperlukan tubuh untuk pernapasan dan membersihkan darah.

5. Enzim
Selain terdapat didalam tubuh, enzim juga terdapat dalam makanan. Enzim bermanfaat untuk memperpanjang umur dan menjaga kondisi tubuh ketika usia lanjut.

6. Vitamin
Vitamin berfungsi untuk kesehatan urat saraf, mencegah perdarahan , pertumbuhan gigi, membantu proses pembekuan darah dan mencegah infeksi.

7. Mineral
Tubuh membutuhkan berbagai mineral, seperti kalsium, besi, yodium, mangan, khlor dan fosfor. Mineral membuat tubuh kuat dan kokoh, membentuk hemoglobin dan mengatur metabolisme tubuh.

Oleh karena itu jelaslah bahwa Tubuh Butuh Nutrisi untuk dapat berfungsi dengan baik.

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.