Hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum membuat surat lamaran kerja adalah cara yang benar untuk meneliti hasilnya. Ada beberapa hal dan cara yang harus diperhatikan, antara lain :
1. Surat lamaran harus impresif
Isi surat lamaran hendaknya memunculkan kesan simpatik, intinya uraikan jati diri secara menarik
2. Surat lamaran harut menarik minat calon atasan
Buatlah surat lamaran kerja yang ketika orang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah criteria kita, ingat kesan pertama sangatlah penting
3. Sebutkan kualifikasi yang diraih dalam surat lamaran
Prestasi pendidikan dan pengalaman kerja harus disebutkan, dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa kita memiliki prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan
4. Gunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat
Gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas, kita mempunyai kesempatan lain untuk menjelaskan semua kelebihan yang kita miliki pada saat wawancara nanti, maka dari itu gunakan penjelasan yang singkat dan efektif
5. Perhatikan kalimat dalam surat lamaran
Dalam pembuatan surat lamaran kerja hendaknya gunakan kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alas an, ejaan yang salah, maupun penggunaa tata bahasa yang buruk.
6. Tujuan dan alasan melamar
Pada surat lamaran kerja yang kita buat cantumkan tujuan dan alasan kita melamar di perusahaan tersebut
7. Kerapihan surat
Agar lamaran mudah dibaca jangan menulis dengan tinta yang tipis dan hindari penggunaan tipp-ex, gunakan kertas yang bagus, bersih, tidak kusut dan tidak mudah terkoyak
8. Buat surat lamaran dengan tulisan tangan atau ketikan computer
Jika memungkinkan buat surat lamaran kerja dengan ketikan komputer, kecuali jika dipersyaratkan ditulis dengan tangan. Jika menggunakan ukuranTime New Romanketikan komputer gunakan jenis font standard font 12 untuk memberi kesan formal.
0 comments:
Posting Komentar
Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.