Memperpanjang Umur Baterai Handphone


Sering terjadi keluhan dan permintaan saran dari teman dan sahabat mengenai borosnya umur baterai menuntut untuk segera mencari solusinya. Dan akhirnya dapat juga dengan beberapa mode tambahan.

Sebenarnya hal yang paling simpel untuk memperpanjang umur baterai handphone adalah dengan sedikit perawatan. Umur baterai rata-rata hingga 400 kali charge dan discharge, sebentar kan? Bagaimana cara mempanjang pemakaiannya? Jika anda melakukan pengecasan pada setiap malam, umur baterai anda setidaknya bisa bertahan 12-15 bulan.

Jika anda bisa melakukan pengecasan dua kali seminggu, berarti umur baterai anda bisa mencapai 2-3 tahun. Jadi, lebih sedikit anda melakukan pengecasan, maka makin lama pula umur baterai.
Nah beberapa cara sederhana bisa anda lakukan agar baterai tetap awet. Ini dia!
1. Persingkat Waktu Pengecasan
Cara yang paling efektif melakukan pengecasan yakni apabila handphone dalam kondisi mati. Tapi ingat, lakukan hal ini apabila anda benar-benar tidak dalam kondisi menunggu telepon penting, misalnya selepas jam kerja.

Mengapa harus dalam keadaan mati? Hal ini dikarenakan charge itu sendiri memiliki pemotong arus jika handphone dalam keadaan mati. Sehingga tips pertama Memperpanjang Umur Baterai Handphone ya caslah ketika handphone mati.

2. Hindari gonta-ganti SIM
Setiap kali mengganti SIM, berarti handphone anda harus dimatikan dan pada awal dihidupkan akan meloading sistem ponsel dan melakukan pencarian sinyal operator. Pekerjaan ini membutuhkan daya yang besar.

3. Matikan vibrator dan lampu latar
Jika anda berada dalam ruangan yang bisa dipastikan bisa menderngar bunyi dering handphone dengan jelas, tak ada salahnya mematikan vibrator. Begitu juga dengan lampu latar, sebisa mungkin diatur agar tidak aktif pada siang hari.

4. Hindari penggunaan fitur yang tidak perlu
Fitur handphone yang makin beragam membuat penggunaan baterainya pun makin boros. Untuk itu, sebisa mungkin tidak menggunakan fitur yang tak diperlukan. Misalnya, mengaktifkan flash kamera pada siang hari atau mengaktifkan Bluetooth padahal tidak digunakan.

5. Hindari ponsel dari benturan & percikan air
Salah satu sebab baterai boros karena adanya hubung singkat (korsleting). Korsleting ini bisa disebabkan karena handphone sering terjatuk atau terkena cairan. Untuk mengurangi efek negatifnya, sebaiknya gunakan pelindung.

6. Pastikan Anda di mode GSM
Handphone 3G umumnya memiliki pilihan seting jaringan GSM, dual mode dan 3G only. Bila Anda tak sedang menikmati fasilitas 3G, disarankan untuk menggunakan mode GSM saja. Pengaturan ini ada di pilihan “Jaringan”.

7. Jangan biarkan baterai habis
Untuk tipe baterai Lithium Ion dan Polymer waktu pengecasan baterai sebaiknya tidak menunggu baterai benar-benar habis. Jadi begitu ada peringatan baterai lemah, silahkan langsung dicas.

Dapatkan Informasi Menarik Dari:


Terima kasih telah mengunjungi Islam Akidahku dan Sains Teknologi serta membaca cara Memperpanjang Umur Baterai Handphone.

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.