Definisi dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Sistem: Suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan organisasi atau institusi.

Informasi: Data yang telah di proses atau di oleh sehingga memiliki manfaat.

Manajemen Adalah kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan suatu pekerjaan secara bersama-sama dan melibatkan orang lain demi mencapai tujuan yang sama.

Sehingga ‘Sistem Informasi Manajemen’ dapat didefinisikan sebagai jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu system yang terintegrasi dengan maksud memberikan informasi yang bersifat intern dan ekstern kepada manajemen yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan ini dapat diambil kesimpulan sebagai cara untuk menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. 

Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja informasi akuntansi dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan.


Kunjungi artikel lengkap lainnya di: Islam Akidahku dan Sains Teknologi
Dan juga anda bisa baca artikel serta mendapatkan informasi lainnya di:

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.