Diabetes Melitus Wanita Hamil Masa Kehamilan

Diabetes melitus saat kehamilan merupakan istilah yang digunakan untuk wanita yang menderita diabetes selama kehamilan dan kembali normal sesudah hamil. Banyak wanita yang mengalami diabetes kehamilan kembali normal saat postpartum (setelah kelahiran), tetapi pada beberapa wanita tidak demikian. 

Seorang wanita hamil membutuhkan lebih banyak insulin untuk mempertahankan metabolisme karbohidrat yang normal. Jika tidak mampu menghasilkan lebih banyak insulin, wanita hamil dapat mengalami diabetes yang mengakibatkan perubahan pada metabolisme glukosa (karbohidrat) dan metabolisme zat lain.

Kadar glukosa dalam darah wanita hamil berpengaruh pada kondisi janin dalam kandungannya. Hal ini disebabkan glukosa melintasi plasenta dengan mudah. Plasenta merupakan saluran yang mengalirkan zat-zat makanan dari wanita kepada janin melalui aliran darah.

Kadang-kadang diabetes melitus ditemukan pertama kali selama kehamilan wanita dan berkembang pada stadium kehamilan selanjutnya. Penelitian pada King’s College Hospital menunjukkan bahwa aliran darah utero-plasental pada kehamilan yang mengalami diabetes terdapat peningkatan kecepatan aliran darah aorta janin yang berhubungan dengan derajat perkembangan makrosomia (janin berukuran besar). Dampaknya pada janin kurang baik jika tidak ditangani dengan benar.


Selain itu, juga dapat timbul kasus-kasus lain, seperti hidramnion (kelebihan cairan dalam kantong bayi), gangguan pernapasan pada bayi, makrosomia (janin yang berukuran besar), kematian janin, gawat janin, dan kelainan bawaan.

Semakin berat diabetes, semakin besar penyakit komplikasi yang diderita wanita selama kehamilan. Beratnya penyakit diukur dengan adanya komplikasi dan lamanya diabetes. 
Berdasarkan beratnya komplikasi, ada tiga golongan penyakit diabetes:
 
  • Golongan I
Diabetes yang didiagnosis selama kehamilan. Setelah melahirkan, kondisi ibu kembali normal seperti semula.
  • Golongan II
Diabetes yang didiagnosis selama kehamilan dan menetap, setelah melahirkan masih menderita diabetes.
  • Golongan III
Diabetes yang menetap dan menimbulkan penyakit komplikasi akibat diabetes.

Dalam kondisi parah, diabetes melitus selama masa kehamilan tidak hanya menimbulkan kematian pada janin, tetapi juga pada wanita yang mengandung.

Oleh Hembing Wijayakusuma

Kunjungi artikel lengkap lainnya di: Islam Akidahku dan Sains Teknologi
Dan juga anda bisa baca artikel serta mendapatkan informasi lainnya di:
News Jaya

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.