Makalah Limbah dari Sampah Elektronik

Makalah Limbah dari Sampah Elektronik
Makalah Limbah dari Sampah Elektronik - Ini adalah sedikit materi mengenai limbah dari sampah elektronik. Materi ini tersaji dalam bentuk makalah yang semoga saja dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Sebenarnya makalah ini adalah tugas saya dalam presentasi matakuliah Filsafat dan Pengetahuan Lingkungan. Namun demi penyebaran pendidikan maka makalah ini saya posting semoga saja bermanfaat.
Inilah penjelasan mengenai Makalah Pencemaran Tanah:
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Hingga saat ini satu hal yang masih menjadi pemikiran kita adalah terkait dengan isu bobroknya manajemen penanganan sampah di seluruh dunia adalah karena sikap konsumtif kita terhadap produk-produk yang limbahnya tidak ramah lingkungan hidup. Sikap konsumtif dalam gaya hidup yang lebih mengedepankan nikmat dan nyamannya memiliki alat elektronik seperti televisi, kulkas, AC, Handphone, dan mesin cuci baru serta meninggalkan yang lama padahal dari sisi kegunaan, alat-alat elektronik itu masih bisa difungsikan secara baik dan optimal.

Berbeda dengan jenis limbah lainnya, limbah dari produk elektronik bekas kerap dianggap tidak berguna dan sulit untuk didaur ulang. Namun, lain halnya di beberapa negara limbah jenis ini masih memiliki potensi untuk kembali dimanfaatkan.

Contohnya Negara Jepang, Sejak 2001 telah mewajibkan perusahaan elektronika yang ada di negaranya ini untuk mendaur ulang produk lama mereka. Produk-produk rumahan seperti televisi, kulkas dan mesin cuci yang sudah tidak terpakai disarankan untuk didaur-ulang demi kehidupan yang ramah lingkungan.

Secara ekonomis, daur ulang sampah elektronik memang tidak murah. Hal ini harus didukung oleh semua kalangan, misalnya dukungan yang kuat dari pemerintah dan kesadaran masyarakat yang tinggi terhadap lingkungan sistem seperti ini mampu untuk terus berjalan. 

Dari penjelasan di atas menimbulkan sebuah pemikiran yang perlu ditindak lanjuti dalam hal menangani limbah elektronik. Dalam makalah yang berjudul: “Limbah Elektronik pada TV, Handphone, Mesin Cuci, Kulkas dan AC” ini, penulis bermaksud memberikan kontribusi pemikiran masalah tersebut.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
  1.  Masalah apa yang ditimbulkan oleh Limbah alat elektronik televisi, kulkas, AC, Handphone, dan mesin cuci?
  2. Bagaimana cara menangani masalah yang ditimbulkan oleh limbah alat elektronik televisi, kulkas, AC, Handphone, dan mesin cuci?
C. Tujuan Makalah
Merujuk pada rumusan masalah di atas, maka tujuan penulis membuat makalah ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui masalah apa yang ditimbulkan oleh limbah alat elektronik televisi, kulkas, AC, Handphone, dan mesin cuci?
  2. Untuk mengetahui cara menangani masalah yang ditimbulkan oleh limbah alat elektronik televisi, kulkas, AC, Handphone, dan mesin cuci?
BAB II
PEMBAHASAN

A. Permasalahan Alat-alat Elektronik
Dalam Makalah Limbah dari Sampah Elektronik ini anda dapat mencari materi Perasalahan alat-alat elektronik DISINI

B. Penanganan Masalah Elektronik

BAB III
KESIMPULAN

Dari penjelasan yang telah diuraikan pada bab sebelunya mengenai limbah elektronik yang menjadi permasalah dalam penanggulangannya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Masalah yang timbul dari penggunaan alat-alat elektronik seperti televisi, kulkas, AC, Handphone, dan mesin cuci adalah:
a. Timbulnya limbah yang susah direduksi
b. Menghasilkan unsur-unsur kimia yang membahayakan seperti cadmium, banyaknya limbah yang susah mereduksinya, penipisan lapisan ozon, Global Warming

2. Penggunaan alat-alat elektronik menimbulkan maslah limbah yang sangat membahayakan manusia dan lingkungan hidupnya. Hal ini diharuskan adanya penanganan masalah agar tidak berkelanjutan, yaitu:
a. Menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan telah dilakukan IZM Fraunhofer Institute di Berlin
b. Harus ada layanan yang melakukan jasa pembuangan limbah elektronik secara baik dan terstruktur, sehingga meski tak mungkin dapat mereduksi 100 persen pembuangan limbahnya tapi setidaknya faktor perusakannya diminimalkan.
c. Ada upaya terhadap alat-alat elektronik tersebut harus dibedah untuk setiap bagian dapat digunakan kembali agar menjadi permintaan tinggi.

DAFTAR RUJUKAN

http://islam-download.net/
http://donnyverdian.net/
dan sumber lainnya.

Kunjungi artikel lengkap lainnya di: Islam Akidahku dan Sains Teknologi
Dan juga anda bisa baca artikel serta mendapatkan informasi lainnya di: News Jaya

1 comments:

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.