Beda Pendapat Itu Wajar!


Opini atau dalam bahasa sehari-hari disebut pendapat itu layaknya dikeluarkan dan diungkapkan dengan bijak tanpa menyinggung perasaan orang lain. Pendapat dapat bersifat perorangan atau kelompok yang artinya bahwa suatu individu atau kelompok mungkin saja akan ada beda pendapat dalam suatu hal dan itu dinilai wajar!

Bagaimanapun pola pikir dan pola cara memandang permasalahan satu sama lain akan berbeda. Ya maklumlah, manusia satu dan lainnya kan berbeda kepala, beda badan dan tentunya berbeda dalam bersikap. Pasti yang namanya beda pendapat layak ada. Namun, kita harus menyikapi perbedaan pendapat ini dengan legowo atau dalam bahasa indonesianya ya... lapang dada.

Jangan sampaikan menyalahkan pendapat orang lain, karena sesungguhnya pendapat itu tidak ada yang salah. Dalam artian semua pendapat itu benar dan tugas untuk menyelesaikannya adalah mencari yang paling benar. Mana ada sih orang yang menyalahkan pendapat orang lain, kecuali jika orang itu tidak memiliki etika manusia yang maunya menang sendiri.

Harus kita ketahui dan saya tekankan bahwa yang namanya pendapat itu merupakan hak semua orang dan tidak ada orang yang dapat menyalahkan pendapat orang lain kecuali jika pendapat itu menyimpang jauh dari masalah. Coba kalian lihat dan baca dalam ulum fiqh (Ilmu Fiqh), disana banyak sekali para ulama yang berbeda pendapat namun tujuannya sama.

Sehingga layak jika saya katakan bahwa Beda Pendapat Itu Wajar!




Baca Artikel Lainnya:

4 comments:

  1. yup.... beda pendapat itu emang wajar dan biasa, yang ga wajar adalah memaksakan orang untuk terima pendapat!
    mantab gan.....

    BalasHapus
  2. postingannya menarik gan...
    ini harud dibaca oleh para wakil rakyat biar mereka ga berantem saat sidang di DPR :D

    BalasHapus
  3. mantapppppppppppppppppppppppppppppppppppp........

    BalasHapus
  4. tapi hati2 jika beda pendapat masalh agama gan..ujung2nya menghalalkan apa yang diharamkan, dan mengharamkan apa yang dihalalkan...sesungguhnya perbedaan itu membuat kita "lemah".

    BalasHapus

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.