Gempa, Tsunami dan Radiasi Nuklir Jepang Japan


Gempa yang terjadi 11 Maret 2011 lalu mungkin akan menjadi sejarah baru yang sangat pahit bagi masyarakat Japan dan bahkan seluruh dunia. Bagaimana tidak bahwa Jepang / Japan sang ahli teknologi tercanggih di dunia itu porak poranda akibat gempa yang disusul Tsunami besar.

Kecanggihan kontruksi bangunan, system pengaman anti gempa dan Tsunami sepertinya tidak berjalan mulus sesuai harapan, terbukti dengan hancurnya wilayah pesisir timur Jepang. Bahkan kota Miyagi yang disana terdapat beberapa perusahaan teknologi dan kendaraan besar seperti Toyota itu pun menjadi kota paling parah tertimba bah Tsunami.

Ini mungkin satu bukti kekuasaan Allah Swt yang mana secanggih apapun buatan manusia tidak akan pernah dapat menahan kekuatan Allah Swt. 

Jepang saat ini sungguh dalam keadaan yang sangat berkabung, namun hati mereka tetap tegar dan terus bersemangat. Tidak ada capek untuk tetap semangat menjalani hidup. Pemerintah Japan bahkan dinilai cepat tanggap dalam menghadapi masalah ini, ini merupakan hal yang sangat luar biasa dimana mereka tetap konsisten dan bergerak cepat guna memulihkan kembali keadaan yang terjadi.

Sungguh satu pemandangan yang sangat mengesankan, mereka rakyat dan pemerintah Jepang bersatu padu membangun kembali negaranya. Seakan mereka warga dan pemerintah japan telah siap jika suatu yang lebih buruk datang kembali.

Dan benar saja, ternyata Gempa dan Tsunami itu bukanlah akhir dari krisis dan penderitaan yang mereka terima, sekarang mereka dihadapkan pada Keamanan wilayah Negara dari ancaman radiasi nuklir. Sungguh ironis, Negara besar akan teknologi ini diserang oleh alam dan teknologi mereka sendiri yakni Gempa Tsunami dan Nuklir.

Gempa yang berkekuatan  8,9 SR ini mengguncang Reaktor Nuklir dibeberapa wilayah di Jepang yang pada akhirnya Reaktor di Fukushima meledak. Bisa di bayangkan bahwa kekuatan Ledakan Nuklir pada Reaktor inti itu dapat beratus bahkan beribu-ribu kekuatan ledakan bom atom Perang dunia II.

Walaupun ledakan Reaktor nuklir yang terjadi di Fukushima ini dikatakan tidak terlalu besar namun bukan berarti tidak ada ancaman malah Radiasi Nuklir yang sangat berbahaya ini telah bertebaran di beberapa kota di Japan. 

Kita hanya dapat berdo’a dan memberikan bantuan semampunya, semoga bencana ini cepat berakhir. Gempa, Tsunami dan Radiasi Nuklir Jepang Japan semoga cepat ditanggulangi dan tidak berefek lebih jauh lagi.

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.