Blackberry Di Serang Trojan


Varian program jahat Zeus Trojan kini mengintai BlackBerry. Perusahaan keamanan komputer Trend Micro mengidentifikasi varian Zeus yang sulit dideteksi, BBOS_ZITMO.B.

“Seperti varian Zeus di desktop, program jahat ini tak mengubah tatap muka perangkat. Program jahat ini bisa menghapus dirinya sendiri dari daftar aplikasi agar tak bisa dideteksi,” kata analis Trend Micro, Patrick Estavillo.

Ketika Zeus terinstal di BlackBerry, perangkat akan mengirim pesan konfirmasi ke administrator dan akhirnya bisa dikontrol pihak lain. Zeus Trojan ini betujuan mengawasi informasi pribadi pengguna, terlebih ketika pengguna bertransaksi online banking.

Menurut Estavillo, akibatnya penyerang bisa memblokir panggilan, mengubah administrator perangkat atau mematikan ponsel. Seperti dikutip cioinsight, sistem operasi (OS) BlackBerry bukanlah satu-satunya target serangan Zeus.

Estavillo memperingatkan, varian lain berciri sama telah mencoba menyerang smartphone ber-OS Symbian dan Windows Mobile.

"Pengguna sebaiknya waspada saat menginstall aplikasi atau mengklik link yang dikirim pengguna asing,” paparnya. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi link ke aplikasi jahat. (inilah)

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.