Nikmat Allah Swt Pada Oksigen


Mengapa Allah Swt menentukan bahwa kadar oksigen di permukaan bumi ini sebesar 21%? Tentu ini terkait dengan keberlangsungan kehidupan di dunia. Para peneliti berpendapat bahwa seandainya kadar oksigen di lapisan udara lebih kecil dari 15%, maka api tidak akan menyala. Karena, kandungan oksigen tidak akan cukup untuk melakukan interaksi.

Seandainya kadar oksigen mencapai lebih dari 25%, maka segala yang ada di dunia akan hangus tanpa perlu disulut api, cukup dengan panas matahari saja. Hal yang aneh dan membuat para ilmuan kagum adalah bahwa jika semua makhluk di bumi terkena cahaya matahari secara langsung, maka mereka akan mati dengan cepat. Akan tetapi, Allah Swt membekali lapisan udara dengan gas ozon karena kasih sayang-Nya. 

Lapisan ini menyerap cahaya ultraviolet yang muncul dari matahari. Jika tidak ada lapisan ini pasti semua makhluk yang ada di bumi telah mati sejak lama, bahkan tidak mungkin ada kehidupan sampai kapanpun.

Karena itu muncullah sebuah pertanyaan, bagaimana mungkin para ilmuan mengetahui kadar oksigen atau karbon di lapisan udara yang ada jutaan tahun yang lampau? Para ilmuan membuktikannya dengan mengambil sampel dari tanah keras yang memuat gelembung gas di pegunungan Alpen. Setelah meneliti gelembung-gelembung ini beserta elemen-elemen yang terkandung didalamnya, mereka mampu memperkirakan usia gelembung-gelembung dan keadaan udara yang ada pada waktu itu.

Dapatkan informasi menarik dari:

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.