Resensi Buku MikroBiologi Islam


Buku yang sangat menarik dan mengupas tuntas mengenai MikroBiologi ini mungkin boleh menjadi satu acuan referensi anda yang mengambil studi dan tertarik atau ingin tahu mengenai ilmu mikro biologi. Uniknya Buku ini mengambil satu unit khusus yakni MikroBiologi dengan penekanan pada Perkembangan, Kajian dan Pengamatan dalam Persfektif Islam.

Buku ini adalah karya yang sangat bagus karena baru kali ini saya temukan buku yang membahas MikroBiologi dalam dunia Islam. Yang menjadi pertanyaan apakah ada perbedaan antara pandangan Islam dan pandangan umum buku lainnya?

Segera dapatkan buku ini di toko-toko buku terdekat anda:
Penulis: Dr. H. M. Subandi, Drs., Ir., MP
Judul: MikroBiologi
Tema: Perkembangan, Kajian dan Pengamatan dalam Persfektif Islam
Harga: Rp 50.000 - Rp 55.000 (230 Lembar Lho,dengan isi menarik)
Cetakan: Pertama, Oktober 2010
Penerbit: PT REMAJA ROSDAKARYA
Telepon: (022) 5200287
Fax: (022) 5202529

Inilah sedikit ulasan mengenai Buku MikroBiologi Islam:
Perkembangan mikrobiologi katanya diawali dengan keberhasilan dari Anthony Van Leeuwenhoek yang berhasil membuat Mikroskop. Perkembangan alat optik modern ini sebenarnya tidak lepas dari seorang pionir penemu alat optik pada zaman keemasan Islam, yaitu Ibnu Haytam. Beliau menulis buku yang berjudul Kitab Al Manazir atau Book of Optics.

Prinsip penelitian mikroorganisme yang dikenal selama ini adalah yang diperkenalkan oleh Robert Koch sehingga disebut Fostulat Koch. Ternyata, Fostulat Koch ini mirip dengan prosedur penelitian yang telah dikembangkan oleh Ibnu Sina, 7 abad sebelumnya. 

Ibnu Sina telah memformulasikan eksistensi mikroorganisme dan mendeteksi penyakit yang disebabkan mikroorganisme 7 abad sebelum sarjana Barat memikirkannya. Produktivitas pemikiran Ibnu Sina ini tidak lepas dari hati dan pikirannya yang tidak pernah lepas dari Allah Swt.

Oleh karena itu layaknya bidang studi yang kita dalami itu seharusnya mengambil uswah, teori, konsep dan dalil-dalil yang telah digagas oleh sarjana-sarjana muslim terdahulu, tidak semata menurut jejak penemuan ilmuan Barat semata.

2 comments:

Silahkan berikan Saran dan Kritiknya, untuk kemajuan blog dan kenyamanan bersama.